Harga Emas Melambung Tinggi, Sudah Tahu Penyebabnya?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 18:00 WIB
Harga emas terus merangkak naik. Hari ini, harga emas Antam bahkan tembus Rp 1 juta. Pergerakan harga emas ini pun diperkirakan masih akan mengalami kenaikan.
Harga emas Antam/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga emas beberapa hari ini melonjak tajam. Nilainya pun diramal bisa cetak rekor ke level US$ 2.000 per troy ounce. Bahkan harga emas di dalam negeri sudah tembus di atas Rp 1 juta per gram.

Ternyata, terkereknya harga emas dipengaruhi oleh kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve Dikutip dari CNN, Kamis (30/7/2020), stimulus dari bank sentral AS membuat nilai dolar AS melemah.

Imbasnya pelaku pasar berbondong-bondong memborong emas dan logam mulia lainnya. Harga perak pun ikut naik sekitar 35% tahun ini menjadi sekitar US$ 24 per ons. Setidaknya dolar AS telah anjlok lebih dari 3% terhadap mata uang utama lainnya tahun ini karena The Fed memangkas suku bunga menjadi nol.

"Ketika suku bunga nol, emas lebih baik daripada menyimpan uang di bank," kata Ed Keon, kepala strategi investasi dan direktur pelaksana QMA dalam sebuah wawancara dengan CNN. "Secara historis, emas adalah lindung nilai yang baik selama masa volatilitas dan ketidakpastian," dia melanjutkan.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Update Harga Emas Antam: Naik Rp 1.000 ke Rp 1.028.000 /Gram"
[Gambas:Video 20detik]