Cerita Sapi Limosin Seharga Mobil yang Jadi Langganan Pesohor Tanah Air

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 31 Jul 2020 17:45 WIB
Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, mulai dilakukan. Sapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi hewan kurban pertama yang disembelih.
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta -

Sapi limosin yang harganya fantastis, bahkan sampai ratusan juta rupiah masih menjadi hewan kurban favorit pesohor tanah air. Bobot sapi limosin ini memang jauh berbeda dengan sapi lainnya, mulai dari ratusan kilogram (kg) sampai 1 ton. Tak heran, harganya hampir menyamai mobil merek Toyota Innova.

Salah satu pesohor Tanah Air yang gemar berkurban sapi limosin ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari catatan detikcom, pada tahun 2018 Jokowi memilih sapi limosin seberat 1,5 ton untuk ibadah kurban. Sapi itu disembelih di Masjid Istiqlal bersama hewan serupa milik Wakil Presiden periode 2014-2019 Jusuf Kalla.

Kemudian, di tahun 2019 Jokowi kembali memilih sapi limosin untuk kurban, kali ini beratnya 1,7 ton. Sapi berwarna coklat terang ini dirobohkan beberapa petugas pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal sebelum disembelih.

"(Sapi Jokowi) beratnya sekitar 1,7 ton. Ini sapinya jenis limosin. Umurnya sekitar 3,5 tahun, ya, sama kayak umur ngerawat-nya," ujar Wakil Ketua Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah.

Di tahun 2020 ini, Jokowi lagi-lagi memilih sapi limosin sebagai sebagai hewan kurban Idul Adha 2020. Jokowi membeli dua ekor sapi berukuran besar yang akan dikirim ke dua masjid di Solo, Jawa Tengah.

"Untuk Masjid Agung Surakarta, sapinya seberat 1.030 kilogram. Untuk Masjid Al-Wustho seberat 930 kilogram," kata Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto.

Jokowi membeli dua sapi jenis limosin tersebut dari tempat yang berbeda. Satu dari Glondongan, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo dan satu lagi dari Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

Pesohor Tanah Air lainnya yang pernah berkurban sapi limosin ialah keluarga Anang Hermansyah. Dalam perayaan Idul Adha 2018, keluarga ini memilih 5 ekor sapi limosin dan 1 ekor kambing.

"Lagi hits limosin, lebih gede dan dagingnya lebih padat," ujar Ashanty, istri Anang Hermansyah, dalam rekaman video detikcom.

Keluarga Anang Hermansyah saat itu memilih merayakan Idul Adha di Jakarta bersama keluarganya. Daging sapi limosin dan hewan kurban lain kemudian dibagikan pada warga sekitar, tetangga, dan karyawan keluarga tersebut.

Mau tahun berapa harganya? Buka dulu halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Duh! 902 Sapi dan Domba di Ciamis Tak Layak Kurban"
[Gambas:Video 20detik]