Naver Gelontorkan Suntik Rp 1,2 T buat Manajemen Artis Korea

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 21:30 WIB
SM Entertainment
Foto: SM Entertainment
Jakarta -

Naver Corporation, perusahaan penyedia mesin pencari data di Korea Selatan, baru saja menggelontorkan investasi senilai 100 miliar Won atau US$ 83,8 juta setara Rp 1,2 triliun (kurs Rp 14.500) buat SM Entertainment.

SM Entertainment merupakan salah satu agensi terbesar di industri musik K-Pop yang berhasil mendebutkan berbagai artis hingga grup band ternama seperti Super Junior, Girls' Generation, SHINee, EXO hingga Red Velvet.

Kesepakatan ini, dimulai sejak April 2020 lalu. Saat itu, kedua perusahaan tersebut menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama dalam bisnis hiburan global. Rencananya, investasi tersebut bakal disalurkan buat mengembangkan anak usaha SM Entertainment di antaranya SMEJ Plus dan Mystic Story hingga untuk pengembangan konten.

"Kami telah mendapatkan investasi 100 miliar Won dari Naver untuk akan perusahaan SM, SMEJ Plus dan Mystic Story serta dana konten untuk memperluas layanan klub penggemar global kami, konser online dan bisnis konten video generasi berikutnya," tulis SM Entertainment dikutip dari Soompi.com, Senin (3/8/2020).

SM Entertainment juga berencana menggabungkan layanan fan club mereka ke dalam platform keanggotaan komunitas global Naver V Live, dan mendorong lebih banyak konser di platform konser online 'Beyond Live' serta menghasilkan konten video terkait musik terkini.

Beyond Live merupakan sebuah platform konser online ciptaan SM Entertainment dan Naver. Selama ini, Beyond Live mampu mendulang omzet hingga 13,2 miliar won untuk penjualan tiket kepada lebih kurang 400.000 penonton.

Ke depan, SM Entertainment dan Naver berencana memperkuat layanan streaming video yang fokus pada konten musik generasi mendatang. Kerjasama ini juga mereka lakukan demi mempersiapkan era dunia hiburan yang semakin berbasis online.

"Melalui kolaborasi yang lebih dekat dengan SM Entertainment setelah investasi ini, kami akan memperkuat persaingan Fanship dan menunjukkan inovasi baru di pasar global," ujar CEO Naver Han Sung Sook.

Dikutip dari Koreaherald.com, setelah pengumuman ini, saham kedua perusahaan langsung menunjukkan pergerakan positif. SM Entertainment ditutup naik 4% menjadi 324.000 Won pada perdagangan kemarin. Demikian juga dengan saham Naver ikut naik 4,49% menjadi 314.500 Won.



Simak Video "Rossa Akan Rilis Single Kolaborasi dengan SM Entertainment"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)