Mau Bikin Emas Cetakan Khusus Kayak Dewi Persik, Berapa Ongkosnya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 23:00 WIB
Emas Batangan Cetakan Khusus
Foto: Emas Batangan Cetakan Khusus (istimewa/pesanan khusus)
Jakarta -

Artis sekaligus penyanyi Dewi Persik tengah viral karena bagi-bagi emas untuk keluarganya. Emas yang diberikan berupa emas batangan bergambar wajah dan kemudian diunggah lewat akun Instagram bercentang biru @dewiperssikreal.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk bikin emas cetakan khusus seperti Dewi Persik?

Trading & Services Manager Antam Yudi Hermansyah mengatakan, di perusahaannya ada beberapa layanan custom. Salah satunya emas batangan yang kemudian diberikan logo atau wajah. Untuk jasa ini, kata dia, minimal emas yang dibutuhkan 25 gram.

"Kalau emas batangan yang ditambahin logo perusahaan atau wajah seseorang, foto seseorang supaya kelihatan logo dan wajahnya minimal sekitar 25 gram supaya kelihatan," katanya kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Dia menjelaskan, untuk jasa itu ada 3 jenis biaya. Pertama, untuk bahannya sendiri yakni emas. Harga emas sendiri sesuai dengan yang ditampilkan di website Antam.

"Emasnya mengikuti harga di website kita, kalau misalkan emas custom 25 gram ya harus beli emasnya dulu 25 gram. Baru kita bicara customize," ungkapnya.

Setelah itu baru jasa custom di mana jasa ini terbagi menjadi dua. Pertama, jasa moulding atau cetak emas. Kedua, baru membentuk emasnya seperti grafir.

Dia melanjutkan, untuk moulding dengan cetakan baru biayanya sekitar Rp 6 juta. Biaya ini bisa gratis asal memesan 100 pcs atau cetakan yang diinginkan konsumen sudah dimiliki antam. Sementara, untuk grafirnya sekitar Rp 500 ribu.

Dengan komponen itu, maka simulasinya ialah dengan harga emas per gram sekitar 1 juta maka biaya untuk bahannya sekitar Rp 25 juta. Kemudian ditambah ongkos moulding dan grafir masing-masing Rp 6 juta dan Rp 500 ribu. Jadi, total untuk membuat emas seperti Dewi Persik paling tidak kocek yang dikeluarkan ialah Rp 31,5 juta.

"Persis," kata Yudi saat dikonfirmasi.



Simak Video "Angkat Emas Dapat Hadiah Emas, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)