Siap-siap! PNS Kategori Ini Bakal Dipindah ke Desa

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 06:30 WIB
Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengenakan seragam khas Betawi pada hari pertama penerapan peraturan seragam khas Betawi setiap hari Rabu di Balaikota Jakarta, Rabu (2/1). Hal ini dibuat oleh Gubernur DKI Joko Widodo untuk melestarikan budaya kebetawian di DKI Jakarta. File/detikFoto.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo memberi penjelasan mengenai 1,6 juta pegawai negeri sipil (PNS) tenaga administrasi yang rencananya akan dipindahkan ke desa.

Dia pun mengklarifikasi kabar beredar yang menyatakan pihaknya bakal melakukan mutasi pegawai negeri sipil. Menurutnya bukan mutasi yang akan dilakukan.

"Salah pemahaman sebenarnya, tidak ada istilah mutasi di desa," kata Tjahjo melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Dia mengungkapkan bahwa ada kalanya terjadi kekosongan tenaga-tenaga di pedesaan. Oleh karena itu PNS tenaga administrasi ini ditugaskan untuk mengisi kekosongan tersebut.

"Intinya bahwa secara keseluruhan, terdapat 4,2 juta ASN, 70% di antaranya ada di daerah, dan 1,6 juta di antaranya adalah tenaga administrasi yang tersebar di pusat maupun di daerah. Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga administrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan," tambahnya.

Tapi tidak semuanya akan dikirim ke desa. Penjelasannya di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menpan-RB Sebut Ada 11 Lembaga yang Akan Dibubarkan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]