Berapa Sih Cuan yang Dihasilkan dari Konten Viral YouTube?

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 12:20 WIB
Happy asian woman vlogging with gimbal tripod and smartphone - Influencer chinese girl having fun with new trend technology - Millennial generation activity job, youth and tech concept - Focus on face
Ilustrasi Youtuber (Foto: Getty Images/iStockphoto/DisobeyArt)

Berikut cara mendapatkan uang dari YouTube yang dirangkum detikcom:

1. Bergabung di YPP

YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan kreator untuk memonetisasi konten di YouTube. Tapi, tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini.

Untuk bergabung dengan YPP, kanal kalian harus ditonton selama 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber. Ketentuan ini memungkinkan YouTube untuk mengevaluasi kanal yang mendaftar.

Selain ketentuan di atas, kalian juga harus memastikan hanya memiliki satu akun Google AdSense. Daftarkan akun AdSense kalian saat mendaftarkan kanal di YPP.

2. Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Iklan

Setelah terdaftar dengan YPP kalian akan mendapatkan lebih banyak tool yang bermanfaat untuk kreator. Tidak hanya itu, kalian tentu saja sudah bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari YouTube.

Agar video kalian bisa dipasangi iklan, pastikan jika video tersebut menuruti ketentuan YouTube tentang konten ramah pengiklan. Jika video kalian mengandung topik yang sensitif, lebih baik matikan monetisasi di video tersebut agar tidak dicekal dari YPP.

Cara mengaktifkan iklan di video YouTube adalah login ke YouTube dan masuk ke studio.youtube.com. Di menu sebelah kiri klik Videos. Pilih satu video dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Pilih jenis iklan yang ingin kalian tampilkan lalu klik Save.

3. Keanggotaan Channel

Keanggotaan channel bisa dibilang seperti grup penggemar untuk channel YouTube kalian. Pengikut setia kalian bisa membayar biaya keanggotaan bulanan dan sebagai gantinya mereka akan menerima konten khusus dari kalian.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber. Cara mengaktifkannya login ke akun Google kalian, pilih tab Memberships, klik Get Started dan ikuti petunjuk di layar.

Masih ada tiga lagi sumber penghasilan YouTuber, buka halaman selanjutnya ya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3