Ruangguru Janji Tak Bakal Ambil Sepersenpun dari Kartu Pra Kerja

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 17:15 WIB
Aplikasi WeKiddo pesaing Ruangguru soal belajar online.
Foto: WeKiddo
Jakarta -

Ruangguru berjanji tak bakal mengambil sepersenpun pemasukan yang didapat dari Program Kartu Pra Kerja. Sejauh ini Ruangguru pun belum pernah menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Pra Kerja. Lantaran, proses rekonsiliasi transaksi dengan PMO perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memproses penagihan.

Setelah pembayaran diterima dan dipotong oleh pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh pemasukan yang diterima Skill Academy sebagai mitra Kartu Pra Kerja bakal disumbangkan kepada negara melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.

Seluruh pemasukan itu meliputi pemasukan dari Gelombang 1 hingga Gelombang 3 Program Kartu Pra Kerja.

"Di masa sulit pandemi COVID-19, kami dari Ruangguru ingin turut berkontribusi membantu masyarakat Indonesia. Kami memutuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital di Program Kartu Pra Kerja, dari awal program dimulai hingga saat ini, kepada Negara, untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. Kami telah melayangkan surat resmi kepada BNPB yang menjelaskan tentang niat baik kami," ucap Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (4/8/2020).

Dengan adanya donasi ini, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Pra Kerja menjadi tanggungan Ruangguru, termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya.

Hingga saat ini, tercatat ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan Skill Academy di Program Kartu Pra Kerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3.

Belva menegaskan, selama berjalannya Program Kartu Pra Kerja, sejak awal dimulainya program hingga saat ini, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy, dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia.

Hal itu sebagai wujud semangat mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19. Belva menambahkan, Ruangguru juga turut memberikan layanan gratis ruangkelas, yaitu sistem kelola pembelajaran jarak jauh, kepada seluruh sekolah di Indonesia.

"Semoga layanan ini dapat membantu jutaan guru dan pelajar dalam meningkatkan efektifitas belajar mengajar selama pelaksanaan PJJ di masa pandemi," tutupnya.



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)