Gurihnya Bisnis Snack Bermodal Rp 100.000

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 12:05 WIB
makanan kering
Ilustrasi/Foto: Istimewa

Jatuh Bangun Memulai Usaha

Untuk sampai pada titik ini tentu bukanlah hal yang mudah bagi Filsa. Sebagai orang perantau dari Jawa Timur, dia pernah jatuh bangun memulai bisnis ayam bakar, hingga martabak namun tidak bertahan lama karena tidak diterima oleh pasar di Balikpapan. Satu-satunya modal yang dimiliki adalah uang Rp 100.000 yang didapat dari hasil menggadaikan cincin kawin.

"Dapat duit waktu itu cuma Rp 1,5 juta kurang lebih buat bayar angsuran rumah, angsuran motor, beli beras untuk stock, beli susu dan pampers anak. 2012 itu saya mengalami benar-benar minus. Dari situ sisalah Rp 100.000 ya duit itulah saya bikin untuk peyek," ucapnya.

Saat itu Filsa hampir putus asa. Berbagai bisnis telah dicoba namun tidak pernah berlangsung lama. Dikarenakan obsesinya yang tinggi untuk menjadi pengusaha, terbukti perjuangannya selama ini tidak sia-sia.

"Saya ingat kata-kata motivator kalau mau bebas waktu, bebas finansial, satu-satunya jalan jadi pengusaha. Akhirnya saya terobsesi lah (jadi pengusaha). Nggak ada konsep gagal di kepala saya ini jadi Rp 100.000 itu harus jadi pokoknya nggak mau tahu caranya," tuturnya.



Simak Video "Strategi dan Potensi Bisnis Makanan Ringan"
[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)