Terungkap! Ini Perintah Jokowi ke Menteri Kawal Ketat UMKM

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 17:50 WIB
Menkop UKM Teten Masduki kunjungan ke Yogyakarta
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) berkunjung ke Yogyakarta/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta -

Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menko UKM), Teten Masduki mengatakan perekonomian Indonesia digerakkan UMKM. Oleh sebab itu pemerintah menggenjot bantuan kepada pelaku UMKM agar tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Teten mengatakan, hingga saat ini pelaku UMKM belum menerima pinjaman pembiayaan. Karena itu, pihaknya tengah mengupayakan bantuan uang tunai kepada para pelaku UMKM.

"Total untuk 12 juta pelaku usaha, angkanya sekitar Rp 2,4 juta. Ini kami juga sedang disusun lagi program-program berikutnya tapi belum bisa kami sampaikan," ucapnya disela-sela kunjungan ke Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (5/8/2020).

"Yang jelas intinya Pak Presiden meminta kami terus mempelajari apa yang dibutuhkan oleh UMKM supaya UMKM tetap bisa bertahan," imbuh Teten.

Bukan tanpa alasan, hal itu karena UMKM menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Di mana saat ini UMKM perlu mendapatkan stimulus agar tetap bertahan.

"Karena tidak mungkin kita bisa memulihkan ekonomi nasional kalau kita tidak bisa menyelamatkan UMKM. Karena 99 persen ekonomi Indonesia itu adalah usaha kecil dan menengah," ucapnya.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pelaku UMKM Klaten Geruduk Rumdin Bupati Terkait Subsidi Rp 2,4 Juta"
[Gambas:Video 20detik]