3 Saran Dahlan Iskan Supaya Ekonomi RI Selamat dari Resesi

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 07 Agu 2020 13:56 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan, gagal bertemu dengan Mahfud MD Jakarta, Rabu (14/05/2014). Mahfud MD tidak hadir dalam pertemuan diskusi padepokan, bertajuk Pilpres 2014 Berkoalisi atau Berkualitas.
Dahlan Iskan. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Eks Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengomentari soal ekonomi Indonesia kuartal II-2020 yang minus 5,23%. Meski masih positif di kuartal I-2020, dia menyebut kondisinya sudah memprihatinkan sejak saat itu.

"Indonesia bisa saja masih merasa bangga. Baru triwulan II-2020 kali ini pertumbuhan ekonomi kita minus 5,3%. Negara lain sudah minus sejak triwulan pertama. Mereka sudah dua triwulan selalu minus: Singapura atau pun Amerika. Tapi sebenarnya itu juga sudah sangat memprihatinkan. Bagi yang mudah prihatin," kata Dahlan dikutip dari disway.id, Jumat (7/8/2020).

Agar Indonesia terhindar dari resesi, pemerintah harus menyelamatkan pertumbuhan di kuartal III-2020 agar positif. Begini saran dari Dahlan Iskan.

1. Ekonomi Harus Bergerak

Dia menilai pemerintah akan semakin melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menggerakkan ekonomi dan ancamannya adalah kasus baru akan semakin banyak.

"Taruhannya ada di jumlah penderita baru COVID-19. Bisa jadi jumlah penderita baru akan terus naik. Tapi sepanjang masih di bawah 2.000/hari rasanya tidak akan dianggap berat," sebutnya.

2. Dorong Sektor-sektor Ini untuk Tumbuh

Dahlan menyarankan agar pemerintah mendorong sektor yang dianggap masih bisa tumbuh seperti pertanian, peternakan dan perikanan. Untuk diketahui, sektor pertanian mencatatkan pertumbuhan paling tinggi yakni 16,24% pada kuartal II-2020, sedangkan dibanding tahun lalu tumbuh 2,19%.

"Pertanian adalah sektor yang masih tumbuh di atas 5%. Berarti sektor inilah yang bisa diandalkan. Dengan cara biasa-biasa saja masih bisa tumbuh di atas 5%. Sejak lama saya ingin agar sektor pertanian terus digenjot. Sektor ini masih punya ruang untuk tumbuh," ucapnya.

3. Rombak Anggaran

Untuk mendorong tiga sektor tersebut, pemerintah harus merombak anggaran negara agar lebih diutamakan ke sana.

"Jelaslah bahwa pertanian, peternakan, dan perikanan adalah modal yang masih bisa kita andalkan. Tapi adakah kekuasaan bisa dipakai untuk merombak struktur dan anggaran negara demi tiga andalan kita itu?" Tanya Dahlan Iskan.



Simak Video "Dahlan Iskan Berharap Dokter Tidak Berhenti Sebagai Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)