Antisipasi Klaster Corona, Pegawai Hutama Karya Dites Swab

Yudistira Imandiar - detikFinance
Sabtu, 08 Agu 2020 15:48 WIB
Gedung Hutama Karya
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengadakan tes swab massal untuk seluruh pegawai dan tenant di HK Tower. Pegawai yang terkonfirmasi positif akan difasilitasi perawatannya oleh perusahaan.

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Hutama Karya sekaligus Direktur Operasi III Hutama Karya Ferry Febrianto mengatakan kegiatan tes swab massal telah dilakukan sejak Jum'at (23/7/2020) lalu sebagai bentuk antisipasi penularan COVID-19.

"Kita lakukan swab test ini kepada lebih dari 1000 karyawan yang berkantor di HK Tower. Jika dari hasil swab test ditemukan pegawai yang terkonfirmasi baik dengan gejala maupun tanpa gejala maka akan dilakukan contact tracing karyawan Hutama Karya dengan kasus terkonfirmasi selama 14 hari terakhir serta memeriksa riwayat perjalanan yang bersangkutan tersebut oleh tim Satgas COVID-19 Hutama Karya," jelas Ferry dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/8/2020).

Ferry menuturkan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, gedung Hutama Karya juga telah disterilisasi menggunakan disinfektan. Di lingkungan kerja Hutama Karya, lanjut Ferry, diterapkan protokol kesehatan secara ketat. Jumlah orang yang melakukan work from office (WFO) dibatasi maksimal 30% dari total pegawai yang berkantor di HK Tower.

Ia menerangkan, saat ini seluruh kegiatan di HK Tower kembali berjalan normal dengan catatan seluruh pegawai, tenant, hingga tamu yang diizinkan bekerja dan mengunjungi HK Tower adalah mereka yang telah melakukan tes swab dengan hasil negatif.

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Hutama Karya juga menerapkan pemanfaatan teknologi digital secara terintegrasi. Ini untuk memastikan seluruh proses bisnis konstruksi dapat tetap berjalan di tengah berbagai skenario yang mungkin terjadi saat pandemi COVID-19.

"Sejak diterapkannya kebijakan WFH di Hutama Karya, kami dengan cepat memanfaatkan teknologi digital dalam bekerja. Saat ini kami memiliki sistem aplikasi terintegrasi berbasis SAP untuk mendukung proses kerja," sambung Ferry.

Penggunaan teknologi digital diterapkan untuk mempermudah proses absensi secara online dengan menggunakan aplikasi, tanda tangan dokumen secara digital, optimalisasi office 365, hingga sistem aplikasi human capital berbasis employee self service yang dapat diakses oleh seluruh pegawai.

Ferry menambahkan, perusahaan juga mengerahkan HK Covid Rangers dan tim Patrol yang aktif memantau dan memastikan semua pegawai Hutama Karya yang melakukan WFO telah menerapkan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker kapan pun dan di mana pun di area kantor, selalu menjaga jarak dan tidak berkerumun serta rajin mencuci tangan dengan air mengalir.

Menurutnya, perusahaan memastikan suplai perlengkapan kesehatan yang cukup bagi pegawai, antara lain vitamin, hand sanitizer, disinfektan, masker, dan face shield. Selama pandemi COVID-19, Hutama Karya juga menyalurkan bantuan ratusan ribu APD kepada tenaga medis dan ribuan paket sembako kepada masyarakat khususnya di sekitar proyek Jalan Tol Trans Sumatera dan proyek lainnya yang sedang digarap oleh perusahaan.

"Kita ingin semua insan Hutama Karya peduli dan saling menjaga satu sama lain dengan menerapkan protokol kesehatan," tuntas Ferry.

(prf/hns)