Dikira Nggak Dapat, Gaji 13 2020 Cair Bikin PNS Kaget

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 16:55 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Pegawai negeri sipil (PNS) hari ini dapat kabar gembira. Bagaimana tidak, gaji 13 yang dinanti-nantikan akhirnya cair hari ini. Gaji 13 sendiri biasanya diberikan per bulan Juli di tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu PNS kementerian, Wendi, mengaku kaget dengan cairnya gaji ke 13. Pasalnya, gaji 13 biasa diterima di bulan Juni.

Dia sempat mengira tahun ini gaji 13 tidak cair karena pandemi. Apalagi hingga lepas bulan Juni belum juga ada kabar soal gaji 13.

"Saya pikir juga nggak akan dapat, karena kan di tengah pandemi. Kalau dibilang, kaget, karena ternyata dapat. Kan udah lewat bulan Juni, setelah bulan Juni nggak dapat, oh mungkin emang nggak akan dapet," kata Wendi kepada detikcom, Senin (10/8/2020).

"Karena kan biasanya di Juni, tapi tiba-tiba ada aturan lain. Ya alhamdulillah," ujarnya.

Meski kaget, dia mengaku senang karena akhirnya gaji 13 cair. Dia menyebutkan akan mengalokasikan gaji 13 untuk pendaftaran anak sekolah. Dia juga berharap di kondisi pandemi, gaji 13 bisa menggerakkan perekonomian.

"Secara pribadi senang karena sedang diperlukan untuk pendaftaran anak sekolah. Apalagi di kondisi pandemi, semoga bisa menggerakkan ekonomi," sebut Wendi.

Salah seorang PNS kementerian lainnya juga mengaku sedikit kaget, karena biasanya gaji 13 diberikan di bulan Juli. Bukan cuma senang gaji 13 akhirnya cair, dia bersyukur masih bisa dapat gaji tambahan di tengah pandemi.

"Sudah cair tadi siang untuk gaji 13 nya. Memang tidak seperti tahun sebelumnya di bulan Juli. Tetapi mengingat kondisi pandemi saat ini sangat beruntung masih bisa dapat gaji-13," ujar PNS tersebut.

Dia mengatakan dirinya akan menggunakan gaji 13 untuk tambahan konsumsi sehari-hari, menurutnya gaji 13 diharapkan mampu meningkatkan konsumsi masyarakat.

"Gaji-13 ini tetap akan digunakan untuk konsumsi sehari-hari karena untuk membantu juga meningkatkan konsumsi agar perekonomian meningkat" katanya.

Kemudian ada Ivan, PNS dari Kementerian Keuangan yang juga menerima pencairan gaji 13-nya hari ini. Dia mengatakan akan menggunakan gaji 13 untuk belanja kebutuhan dapur dan juga membayar tagihan internet untuk bekerja dari rumah.

"Udah. Udah cair hari ini gaji ke 13. Buat belanja kebutuhan dapur, sama bayar tagihan internet untuk WFH," kata Ivan.



Simak Video "Ketua DPRD Tolitoli Nyaris Adu Jotos dengan Kepala BKD"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)