Akhir Agustus, Jokowi Bakal Bubarkan 13 Lembaga Negara Lagi

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 14:28 WIB
Rapat koordinasi antara lembaga dan kementerian ini dilaksanakan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).
Foto: Alfons/detikcom
Jakarta -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo memastikan ada sekitar 13 lembaga yang akan kembali dibubarkan pada akhir Agustus 2020. Pembubaran seluruh lembaga ini dalam rangka reformasi birokrasi sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan Tjahjo Kumolo saat melaporkan acara Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi Tahun 2020 secara virtual, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Tjahjo mengatakan, penghapusan atau pembubaran sekitar 13 lembaga ini merupakan kelanjutan dari lembaga yang sebelumnya sudah dibubarkan sebanyak 18 lembaga.

"Kami cukup optimis penyederhanaan kelembagaan yang sudah 18 dihapuskan, dan akhir Agustus akan ada lebih kurang 12-13 lembaga yang kita hapuskan," kata Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan penghapusan sekitar 13 lembaga ini juga akan diikuti dengan pengalihan jabatan struktural menjadi fungsional yang diharapkan selesai pada akhir 2020.

"Dan juga eselonisasi menjadi fungsional pada akhir tahun ini bisa selesai sebagaimana visi misi Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden bisa cepat terlaksana," ungkapnya.



Simak Video "Menpan-RB Sebut Ada 11 Lembaga yang Akan Dibubarkan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)