4 Fakta Taipan Hong Kong Dicokok Polisi 

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 18:30 WIB
Otoritas Hong Kong Tangkap Taipan Media Pro-Demokrasi, Jimmy Lai
Foto: DW (News)
Jakarta -

Salah satu taipan media asal Hong Kong Jimmy Lai dicokok pihak kepolisian setempat. Jimmy diduga melakukan tindakan yang mengancam keamanan negara.

Sebagai salah satu pengusaha, Jimmy juga dinilai aktif untuk menyuarakan demokrasi di Hong Kong.

Jimmy ditangkap oleh pihak kepolisian di kantor surat kabar Apple Daily. Dua anaknya dan dua eksekutif di kantor tersebut juga ditangkap oleh polisi.

Berikut fakta-faktanya:

1. Punya Kekayaan Berlimpah

Sebagai pengusaha sukses, Jimmy memiliki kekayaan lebih dari US$ 1 miliar. Ia sukses di bidang pakaian dan kini sukses di bisnis surat kabar bernama Apple Daily yang menjadi oposisi pemerintah. Apple Daily merupakan surat kabar yang paling banyak dibaca di Hong Kong baik versi cetak maupun online.

2. Aktivis

Jimmy merupakan aktivis yang menentang hadirnya China di Hong Kong. Pria 71 tahun ini juga sering kali turun ke jalan untuk ikut dalam aksi unjuk rasa memperjuangkan hak-hak rakyat dan mengritisi pemerintah Hong Kong.

3. Disebut Provokator

Dia juga disebut sebagai provokator. Pasalnya surat kabar Apple Daily selalu memberitakan keburukan pemerintah. Hal itu disebut mengandung ujaran kebencian dengan menebar berita negatif terkait pemerintah Hong Kong dan China selama bertahun-tahun.

4. Ditangkap Bersama Anaknya

Saat ditangkap di kantor Apple Daily, Jimmy tak sendiri. Kedua anaknya juga ditangkap serta dua eksekutif Next Digital juga diciduk polisi.



Simak Video "RUU Keamanan Baru Disahkan, Polisi Tangkap Pedemo di Hong Kong "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)