3 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Resesi Ekonomi

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 10:16 WIB
Suasana di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tampak sunyi sepi. Pasar ini ditutup sementara setelah 41 pedagang di pasar tersebut positif Corona.
Ilustrasi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Resesi resesi resesi. Akhir-akhir ini sering kali kita mendengar kata yang satu itu, bahkan berulang-ulang. Sebenarnya resesi itu apa sih?

Resesi adalah situasi yang terjadi ketika produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi suatu negara negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Jadi gini, misalnya di kuartal 1 ekonomi negatif, dan berlanjut negatif lagi di kuartal II maka negara itu resmi masuk resesi.

Jika dalam kuartal berikutnya ekonomi tetap negatif, maka resesi berlanjut. Sebuah negara berhasil keluar dari resesi ketika ekonominya sudah bisa tumbuh positif lagi.

Nah, Indonesia sudah hampir masuk ke resesi nih. Pasalnya, di kuartal II-2020, ekonomi Indonesia minus -5,32% dibandingkan posisi yang sama tahun lalu.

Jika di kuartal III-2020 ekonomi kembali minus, maka Indonesia resmi masuk resesi. Mudah-mudahan pemerintah bisa membuat gebrakan selama tiga bulan ke depan supaya resesi tidak terjadi.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu kamu tahu soal resesi.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4