Terbentur Pandemi, Pengusaha Dekorasi Banting Setir Jual Alat Masak

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 12:35 WIB
Dekornata
Foto: Grab
Jakarta -

Situasi pandemi memang mendatangkan hambatan dalam kegiatan usaha. Namun, hambatan tersebut tak jadi alasan para pelaku usaha untuk berhenti berinovasi dan berpikir kreatif untuk mendapatkan peluang baru.

Giovanni Warli, seorang pemilik usaha dekorasi dan furniture 'Dekornata' telah membuktikan, rintangan yang datang di masa pandemi bisa dilewati dengan memadukan kreativitas dan kegigihan. Di awal pandemi COVID-19 melanda Tanah Air, pesanan yang datang ke Dekornata menurun drastis.

Gio bercerita, di saat pesanan menurun ia memanfaatkan waktu untuk mengevaluasi bisnisnya.

"Dibanding stres, kita pake waktunya perbaiki bisnis, ada keluhan apa aja, kita coba perbaiki produknya. Barang kurang halus, kayu kurang pas ukurannya, ngobrol sama pengrajin, finishing baiknya gimana," tutur Gio.

Dari obrolan dengan para pengrajin dan observasi yang dilakukan sendiri, Gio terilhami untuk memproduksi peralatan rumah tangga dan alat masak. Ia melihat di masa pandemi orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah dan lebih sering memasak.

Ide tersebut jadi berkah buat Gio. Dekornata menerima banyak pesanan peralatan memasak. Bahkan, para pengrajin yang jadi mitra usaha Dekornata sampai kewalahan memproduksi pesanan.

"Buat pertama kali, aku turun tangan bantuin finishing wax dari madu yang buat poles kayu, agar food grade. Gara-gara ngerjain bareng, kita makin deket! Tukang jadi iseng-isengan, seru! Aku ngerasa, kebahagiaan sederhana ya, ngumpul sambil kerja, bisa lanjut usaha, udah seneng," kata Gio semringah.

Sedikit kilas balik, Dekornata dirintis Gio sejak 2018. Mulanya, ia mengumpulkan produk-produk olahan kayu dari para pengrajin di warehouse miliknya di Bogor, dan membantu memasarkannya. Lambat laun, jumlah pengrajin yang bermitra dengannya bertambah.

"Mereka dari Jawa, sampai Kalimantan. Material ada kayu, keramik, eceng gondok, bambu, sigras, daun pisang, macem macem! Kita TikTok-an, pengrajin ada yang YouTube, aku kasih liat, produk mereka yang like 300 orang lho!, itu mereka ketawa seneng!" seru Gio.

Keberadaan layanan pengiriman instan seperti same day Grab membantu Gio memperluas jangkauan usaha. Pengiriman barang ke luar kota Bogor menjadi lebih mudah dengan layanan same day Grab.

"kita ngobrol sama pengrajin, mau ga kita bantu jual dan branding-in Dekornata? Mereka mau, dapet penjualan, sekarang produknya udah dipake di kafe ternama di Jakarta! Pebisnis suka dikirim same day Grab, dari Bogor bisa nyampe instan ke Jakarta," ulas Gio.

Ia menjabarkan, setelah berinovasi membuat peralatan masak dan rumah tangga ia mengembangkan satu lagi tempat di Tangerang agar dekat Jakarta. Ia senang bisa membantu para pengrajin untuk mengembangkan usaha.

"Kita bisa nambah pengrajin, bisa nambah yang #TerusUsaha," tutup Gio.



Simak Video "Skuter Listrik Beroperasi Lagi di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)