Jokowi: Krisis Memberikan Momentum untuk Kejar Ketertinggalan

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 14 Agu 2020 10:37 WIB
Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan krisis ekonomi yang diakibatkan pandemi Corona memberikan momentum bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan.

Hal itu diungkapkan saat pidatonya di acara Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR & DPD RI 2020 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

"Krisis memberikan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan, untuk melakukan transformasi besar, dengan melaksanakan strategi besar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan masih banyak langkah-langkah besar yang harus bisa dilakukan ke depannya. Setidaknya masih tersedia waktu 25 tahun lagi bagi pemerintah dan seluruh khalayak yang terlibat untuk menyiapkan seabad Indonesia merdeka, untuk membangun Indonesia.

"Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi," ujarnya.

Oleh karena itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia memecahkan masalah fundamental yang saat ini dihadapi.

"Kita lakukan lompatan besar untuk kemajuan yang signifikan. Kita harus bajak momentum krisis ini. Kita harus serentak dan serempak memanfaatkan momentum ini," jelasnya.

"Menjadikan Indonesia setara dengan negara-negara maju. Menjadikan Indonesia Maju yang kita cita-citakan," tambahnya.



Simak Video "Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)