Siap-siap! Dokter Asing Bakal Lebih Mudah Wira-wiri ke RI

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 14 Agu 2020 20:01 WIB
Ratusan ribu kasus COVID-19 di Italia membuat tenaga kesehatan khususnya para dokter dan perawat harus bekerja ekstra guna menyelamatkan nyawa warganya. Beginilah potret kesehariannya.

AP Photo/Domenico Stinellis
Ilustrasi/Foto: AP/Domenico Stinellis
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang mengkaji kemudahan izin bagi dokter asing masuk Indonesia. Bahkan, kalau perlu, orang asing datang berobat ke Indonesia.

"Sekarang kita putuskan, presiden kemarin arahan sudah bikin saja dalam negeri, dokter-dokter yang bagus (dokter asing) kita ambil misalnya untuk Bali, Jakarta, Medan supaya orang jangan berobat keluar. Tapi justru orang berobat di dalam negeri yang luar datang ke kita," ujar Luhut dalam acara webinar, Jumat (14/8/2020).

Ini kesempatan yang bagus menurutnya, sebab bisa menaikkan lagi traffic penerbangan di dalam negeri dengan aktivitas tersebut.

"Ini kesempatan kita dengan tadi masalah COVID-19 kita bisa lakukan, dan ini akan melibatkan pesawat udara, jadi traveling tadi yang sudah disinggung oleh Menteri Perhubungan, karena jumlahnya belum bisa 100% penuh, kita compensate nanti dengan ini," tutur Luhut.

Sebelumnya, Luhut dalam webinar yang digelar Apindo pada Kamis (13/8/2020) juga mengatakan pemerintah ingin membangun rumah sakit internasional seperti RS Mayo (Clinic) dan RS John Hopskin di Indonesia.

Kedua rencana ini, kata Luhut, sudah mendapat izin dari Presiden Joko Widodo. Namun, belum jelas kapan rencana tersebut mulai digerakkan.



Simak Video "Luhut Mau Turis 'Berdompet Tebal' yang Datang ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)