Gelombang V Prakerja Dibuka, Ini Cara Daftarnya!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 15 Agu 2020 12:20 WIB
kartu pra kerja
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta -

Pendaftaran gelombang V program Kartu Prakerja dibuka hari ini (15/8), yang dimulai pukul 12.00 WIB. Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengatakan, kuota yang dibuka untuk peserta Kartu Prakerja gelombang V sebanyak 800.000 atau sama seperti yang ditetapkan pada gelombang IV.

"Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Prakerja dapat mendaftar di gelombang V," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Pendaftaran program Kartu Prakerja saat ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika calon peserta yang ingin mendaftar online, maka tinggal mengakses situs prakerja.go.id. Sementara yang offline bisa menyambangi kantor Kementerian Ketenagakerjaan maupun dinas ketenagakerjaan daerah.

Berikut cara daftar Prakerja via online:

1. Buka website www.prakerja.go.id, kemudian klik 'Daftar Sekarang'.

2. Isi dan ikuti prosedur pendaftaran yang tersedia, kemudian kirim.

3. Setelah itu data peserta Kartu Prakerja akan diverifikasi.

4. Bagi yang lolos akan dikirimkan notifikasi melalui email, untuk selanjutnya mendapatkan bantuan dan melakukan pelatihan.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar Kartu Prakerja harus menyiapkan dokumen data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), email, nomor telepon, dan bersedia mengisi data diri secara benar. Dalam peraturan baru, tidak ada lagi ketentuan selfie atau swafoto.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai daftar Prakerja , pemerintah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id.



Simak Video "180 Ribu Orang Kena Blacklist karena 'Anggurin' Kartu Prakerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)