Sudah Ikut Daftar Kartu Prakerja, Bagaimana Cek Gagal atau Lolos Seleksi?

Tim Detikcom - detikFinance
Sabtu, 15 Agu 2020 20:00 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Ilustrasi Kartu Prakerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Masa daftar Kartu Prakerja gelombang 5 telah dibuka pukul 12.00 WIB pada 15 Agustus 2020. Pendaftaran ini mengikuti gelombang sebelumnya, Kartu Prakerja gelombang 4 yang telah ditutup Rabu, 12 Agustus 2020, pukul 24.00 WIB.

Menurut data yang disampaikan Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, tercatat lebih dari 1,2 juta orang resmi mendaftar gelombang 4 yang dibuka 8 Agustus 2020. "Kuota penerima program ini 800 ribu orang," ujar Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu pada detikcom.

Peserta yang lolos bakal menerima bantuan dengan nilai total Rp 3,55 juta yang terdiri atas Rp 1 juta untuk biaya pelatihan dan Rp 2,4 juta bantuan insentif yang diberikan setiap bulan dengan nilai Rp 600.000 selama empat bulan. Peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian tiga survei senilai Rp 50.000 per survei.

Nah, kalau sudah daftar Kartu Prakerja, bagaimana mengecek lolos atau gagal menerima program bagi peserta yang telah mendaftar gelombang 4?

1. 800 ribu peserta yang lolos akan menerima SMS notifikasi

Louisa Tuhatu menjelaskan bahwa para penerima yang diputuskan lolos seleksi untuk menerima program Kartu Prakerja gelombang 4 akan menerima SMS atau pesan singkat notifikasi pada nomor telepon genggam terdaftar.

Jadi panitia seleksi akan mengirimkan SMS pemberitahuan tersebut pada 800 ribu peserta yang telah daftar Kartu Prakerja dan berhasil lolos seleksi sesuai kuota yang ditetapkan. "Akan diumumkan gelombang 4 semua yang terpilih akan mendapat SMS notifikasi," ujar Louisa pada detikcom, Sabtu (15/8/2020)

2. SMS notifikasi dikirimkan Minggu, 16 Agustus 2020

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja akan mengirimkan SMS notifikasi tersebut pada hari Minggu (16/8/2020). Para peserta diharapkan memantau gawai masing-masing.

Namun menurut Louisa dirinya tidak mengetahui persis kapan tepatnya SMS itu akan dikirim. "Standby saja. Bisa pagi, siang atau malam," katanya.

3. Ini isi SMS Notifikasi

Setiap pendaftar Kartu Prakerja gelombang 4 yang lolos seleksi akan mendapatkan SMS notifikasi yang berisi pemberitahuan telah terpilih sebagai penerima program Kartu Prakerja. Pada tanggal tertentu, mereka diminta untuk mengecek ke dashboard akun Kartu Prakerja masing-masing.

Di dashboard tersebut akan ada penjelasan mengenai langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Sementara, bagi yang gagal lolos menurut Louisa tidak akan mendapat SMS pemberitahuan tersebut.

Namun meski demikian, bagi peserta yang gagal bisa otomatis ikut Kartu Prakerja gelombang 5 tanpa perlu mendaftar lagi. "Caranya masuk ke dashboard akun. Ada tombol gabung gelombang 5. Otomatis mereka langsung tergabung tanpa perlu daftar Kartu Prakerja," ujar Louisa.



Simak Video "180 Ribu Orang Kena Blacklist karena 'Anggurin' Kartu Prakerja"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/nwy)