75 Tahun Indonesia Merdeka, Luhut: Kali Ini RI Alami Cobaan Besar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 17 Agu 2020 10:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berpidato di acara silaturahmi dan apel kebangsaan di Rumah Radakang, Pontianak, Kalbar, Jumat (12/4/2019). Pada acara yang digelar dalam rangka menuju pemilu damai tersebut Luhut Binsar Panjaitan mengajak masyarakat Kalbar untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunggah video di akun Instagram-nya soal Hari Kemerdekaan Indonesia ke 75 tahun. Dia mengatakan di usia 3/4 abad Indonesia sedang mengalami cobaan besar.

Cobaan tersebut adalah pandemi virus Corona yang melanda. Dia bilang, virus ini sangat mengusik langkah memajukan Indonesia, namun menurutnya pemerintah tetap mengupayakan pulihnya sendi kehidupan, mulai dari sektor kesehatan hingga perekonomian.

"Di usianya yang mencapai 3/4 abad, kali ini Republik Indonesia alami cobaan besar, dunia juga alami, yaitu COVID-19. Itu mengusik langkah kita, tapi sebagai bangsa besar dan semangat juang pahlawan pantang menyerah maka pemerintah terus upayakan pulihnya seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Luhut dikutip dari akun Instagram @luhut.pandjaitan, pada Senin (17/8/2020).

"Baik kesehatan, pembangunan, maupun perekonomian juga," lanjutnya.

Luhut pun mengajak semua masyarakat mengenang semangat juang pahlawan yang sudah korbankan nyawanya demi melawan penjajah.

"Mari kita kenang semangat juang para pahlawan kita yang telah korbankan nyawanya demi kesatuan persatuan bangsa ini dalam melawan penjajahan dulu," kata Luhut.

Dia juga meminta semua masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah melandanya pandemi Corona di Indonesia. Luhut juga meminta masyarakat untuk percaya kepada pemerintah.

"Lalu tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah kepungan COVID-19, kita semua anak bangsa jangan menyerah hadapi ancaman ini. Mari rapatkan barisan, persatuan, kesatuan dan gotong royong kita untuk melawan semua ini," ungkap Luhut.

"Percayalah, pemerintah akan berikan yang terbaik buat rakyatnya," tegasnya.

Terakhir, dia mengucapkan selamat ulang tahun untuk Indonesia yang ke 75. Dia berharap, di tengah pandemi masyarakat makin menguatkan persatuan dan kesatuannya.

"Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Negeri Pancasila yang ke 75, semoga ujian pandemi kuatkan persatuan dan kesatuan kita, sehingga bawa Indonesia menuju tonggak kemajuan yang hebat di masa yang datang. Merdeka," sebut Luhut.



Simak Video "Kapal Perang di Lantamal VI Bunyikan Sirene di Perayaan Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)