Grab Kerja Sama dengan KKP, Bantu UMKM Binaan Rambah Digital

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 20:40 WIB
Grab Indonesia
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Grab Indonesia bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU). Dalam MoU tersebut, kedua belah pihak sepakat berkolaborasi untuk membantu dan mengembangkan Gerakan Pasar Laut Indonesia.

"Sejalan dengan misi GrabForGood, kami berkomitmen untuk mendukung upaya KKP dalam memastikan para UMKM binaan KKP khususnya yang memasarkan produk kelautan dan perikanan untuk memiliki akses digital agar mereka bisa terus bertahan di masa yang sulit ini," ujar Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

Neneng menuturkan UMKM merupakan sektor yang sangat penting karena menopang perekonomian negara, oleh karena itu perlu untuk mendapatkan dukungan dari teknologi. Terlebih, kata dia, produk kelautan dan perikanan juga merupakan salah satu komoditi yang penting dalam ekonomi Indonesia.

"Produk kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia dan Grab akan menyediakan platform kepada para UMKM untuk tetap berjualan sekaligus memastikan masyarakat Indonesia tetap mendapatkan akses untuk produk kelautan dan perikanan di rumah mereka masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo menyampaikan pandemi ini sangat berdampak kepada sektor tersebut perikanan, dan go digital adalah salah satu kunci yang bisa membuat para pelaku usaha di Indonesia tetap bisa bertahan dan berkembang.

"Tapi masih banyak pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan yang belum memanfaatkan platform digital. Oleh karena itu, kami meluncurkan gerakan Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia," katanya.

"Dengan adanya kontribusi dari pihak swasta seperti Grab untuk menyediakan platform kepada para pelaku usaha ini, kami harap mereka bisa bertahan bahkan menjadikan hal ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis mereka," imbuhnya.

Sebagai informasi, adapun skema layanan yang akan disediakan oleh Grab dalam kerja sama ini di antaranya:

- GrabMart: Berbagai produk kelautan dan perikanan milik UMKM binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tersedia di GrabMart. Pelanggan di Jakarta dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab mereka.

- Layanan Pengantaran via GrabExpress: pilihan lainnya adalah para penjual bahan perikanan binaan KKP di Jakarta dapat melakukan pengiriman kepada para pembelinya dengan layanan GrabExpress melalui skema Web Booking Grab For Business yang akan difasilitasi Grab dan KKP.

(prf/hns)