Sederet Peluang Bisnis di Tengah Pandemi, Apa Saja?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 22 Agu 2020 15:20 WIB
Sandiaga Uno melayat Ciputra
Sandiaga Uno/Foto: Anisa Indraini detikcom
Jakarta -

Pengusaha Sandiaga Uno menjelaskan di tengah krisis yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 selalu ada peluang untuk para pengusaha. Namun para pengusaha juga harus diminta untuk beradaptasi dengan realita terkini.

"Dulu saya hilang pekerjaan saat ekonomi sedang sulit. Tapi kita harus lihat ada peluang dan kesempatan lain," kata pria yang akrab disapa Sandiaga itu dalam acara diskusi Webinar Meet The Experts LPBI UNAIR, Sabtu (22/8/2020).

Menurut Sandi saat ini ada beberapa sektor industri yang jadi solusi untuk berkembang misalnya kesehatan, teleconference, digital, food, biotech dan clean energi. Peluang inilah yang harus diambil di tengah pandemi.

Apalagi pada 2030 ini Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. "Siapa yang akan mengukir prestasi dan bingkai reputasi? Ya teman-teman yang saat ini ada di usia 20-35 tahun, ini modal kita untuk mencapai Indonesia emas pada 2045," jelas dia.

Dia menyebut untuk recovery seluruh lapisan masyarakat harus bersama-sama bergandengan tangan menghadapi krisis.

Sandi menjelaskan, saat ini masyarakat sudah melihat kemungkinan terburuk dari krisis telah berakhir.

"Karena mereka melihat the worst is over, the worst is behind us. Begitu kita sudah ada di dasar, maka kita akan mantuullllllll, berkembang dan recovery," jelasnya.

Dia mengharapkan proses pemulihan ekonomi bisa dengan kurva huruf V dan jangan sampai huruf U atau L. Karena itu dia mengatakan pemerintah juga harus fokus mendorong konsumsi, meningkatkan likuiditas UMKM dan melakukan inkubasi dan kolaborasi untuk melahirkan pemenang.



Simak Video "Cerita Lika-liku Sandiaga Uno Raih Gelar Doktor dengan IPK Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)