Profil Sultan Qatar Pemilik PSG yang Gagal Jadi Juara Liga Champions

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 24 Agu 2020 14:54 WIB
Presiden Jokowi menerima Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani. Pertemuan mereka berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/10). Photographer : Agus Soeparto/Setpres.
Foto: Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani (Istimewa/Agus Soeparto/Setpres)
Jakarta -

Pertandingan Liga Champions Paris Saint-Germain (PSG) vs Bayern Munich telah berakhir. Dengan kemanangan Bayern Munich 1-0 dan membawa PSG ke dalam kekalahan. Berbicara mengenai PSG, klub bola itu dimiliki oleh pemimpin Qatar yakni Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Dikutip dari BBC, Senin (14/8/2020) bersama Qatar Sport Investments sebuah organisasi investasi di bidang olahraga dan rekresasi milik Shiekh Tamim telah memiliki PSG sejak pertama kali organisasi itu dibentuk pada 2005.

Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani merupakan anak dari Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, dirinya menjadi Emir Qatar sejak ayahnya mengundurkan diri sebagai pemimpin Qatar pada Juni 2013.

Kini kekuasaanya telah dipegang oleh putra mahkota Tamim bin Hamad Al Thani dan menjadi wajah baru dan muda dalam kepemimpinan Qatar. Kepemimpinannya diharapkan dapat mepertahankan kekuatan politik Qatar.

Sang ayah mewarisi kekayaan yang diestimasi sebesar US$ 2,4 miliar berasal dari Otoritas Investasi Qatar, yang mengelola cadangan minyak dan gas negara itu.

Sheikh Tamim lahir di Doha pada tahun 1980, putra keempat dari Sheikh Hamad. Tamim muda dikirim ke Inggris untuk pendidikannya di Sherborne School di Dorset, sekolah asrama di Inggris khusus lak-laki. Setelah mencapai A-Level, dia mengikuti teladan ayahnya dengan menghadiri Royal Military Academy di Sandhurst.

Tamim lulus pada tahun 1998 sebelum dilantik ke angkatan bersenjata Qatar sebagai Letnan Dua. Dia diangkat sebagai wakil komandan tertinggi angkatan bersenjata Qatar pada tahun 2009.

Sebagai pentinggi Qatar Tamim memiliki ketertarikan dalam dunia olahraga. Ketertarikan itu telah ada sejak dirinya menjadi administrator olahraga pada 2006. Tahun itu ia juga mengetuai panitia Asian Games ke-15 di Doha, dihadiri oleh seluruh negara anggota untuk pertama kalinya.

Selain itu, Tamim juga seorang anggota Komite Olimpiade Internasional, dan mengepalai tawaran Doha untuk Olimpiade 2020. Di kemimpinannya membawa Qatar memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola 2022.

Selain Piala Dunia FIFA, Qatar juga akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Renang Fina (Federasi Renang Internasional) 2014. Selain itu, Tamim mendirikan Qatar Sport Investments pada 2005. Lemabaga yang memiliki klub sepak bola PSG.

Jabatan lain yang dipegang oleh Sheikh Tamim termasuk ketua Dewan Tertinggi untuk Lingkungan dan Cagar Alam, ketua Dewan Pendidikan Tertinggi, dan ketua dewan direksi Otoritas Investasi Qatar.

(dna/dna)