BLT BPJS Tenaga Kerja Rp 600 Ribu Cair Pekan Ini, Kamu Dapat Nggak?

Rosmha Widiyani - detikFinance
Selasa, 25 Agu 2020 17:57 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Foto: shutterstock/Bantuan BLT Pekerja BPJS 600 Ribu Cair Pekan Ini, Kamu Dapat Nggak Ya?
Jakarta -

Rencana pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja sebesar Rp 600 ribu batal cair hari ini, Selasa (25/8/2020). Bantuan BLT pekerja Rp 600 ribu disalurkan berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menjelaskan alasan penundaan pencairan tersebut. Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu, pemerintah masih memerlukan waktu lebih panjang untuk mengecek kesesuaian data pekerja yang diterima pemerintah.

Ida menargetkan pengecekan dan validasi data penerima BLT pekerja selesai dalam waktu yang tidak lama. "Kami memang menargetkan bisa dilakukan transfer dimulai dari akhir bulan Agustus," kata Ida.

Sebanyak 2,5 juta rekening pekerja menjadi batch pertama penerima bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu. Pemerintah selanjutnya melakukan pengecekan kesesuaian data yang ada. Setelah pemeriksaan selesai, data akan diserahkan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sehingga dananya bisa dicairkan.

Dana bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu akan disalurkan melalui bank pemerintah. Dari bank inilah, dana ditransfer dan sampai ke rekening pekerja yang berhak atas bantuan tersebut.

Hingga saat ini BPJS Ketenagakerjaan sudah memegang data 15,7 calon penerima bantuan Rp 600 ribu. Namun dari jumlah tersebut baru 13,7 juta data yang sudah lengkap dilakukan validasi secara berlapis, salah satunya validasi kepada bank untuk memastikan nomor rekening yang disetor benar.

Sambil menunggu waktu pencairan, tak ada salahnya mengecek apakah akan mendapatkan bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu. Berikut cara mengeceknya:

1. Download dan instal aplikasi BPJS Ketenagakerjaan untuk android atau iOS

2. Registrasi dan cek status kepesertaan tiap pekerja

3. Pastikan telah terdaftar dan membayar iuran hingga Juni 2020.

Selain lewat aplikasi, ada cara lain untuk mengetahui kemungkinan menerima bantuan BLT pekerja BPJS Rp BPJS 600 ribu:

1. Klik situs BPJS Ketenagakerjaan di link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. WhatsApp nomor +62811-9115910 atau +62855-1500910

3. SMS nomor 2757 dengan format Daftar (spasi) Saldo, nomor KTP, tanggal lahir dan nomor peserta.

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mengingatkan, bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu harus tepat sasaran. Subsidi gaji akan mendongkrak daya beli dan konsumsi yang nantinya akan berdampak baik pada perekonomian negara.

"Subsidi gaji ini baik dan patut didukung. Selama ini, faktanya, banyak perusahaan yang terdampak COVID-19 sehingga upah pekerja dipotong karena cash flow perusahaan terganggu," kata Timboel dalam pesan pendek yang diterima detikcom.

Timboel menjelaskan, pertumbuhan ekonomi kuartal II yang tercatat minus 5,32 persen menjadi persoalan serius. Selain itu, pertumbuhan konsumsi terkontraksi minus 5,51 persen. Bantuan BLT Pekerja BPJS 600 ribu diharapkan mendongkrak konsumsi, sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi positif di kuartal III dan IV.



Simak Video "KSPI Mau Demo di BPJS TK-Kejagung, Ini Tuntutannya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)