Bioskop Jakarta Mau Dibuka, Pengusaha Langsung Rapat

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 26 Agu 2020 10:50 WIB
Covid-19: Inggris mulai buka bioskop dengan aturan tempat duduk penonton, bagaimana dengan Indonesia?
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) langsung mau mengadakan pertemuan untuk membahas rencana pembukaan bioskop di DKI Jakarta. Hal itu dilakukan setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan kalau bioskop di Jakarta akan dibuka dalam waktu dekat.

Ketua GPBSI, Djonny Syafruddin mengatakan rapat direncanakan akan berlangsung siang ini pukul 13.00 WIB. Dalam rapat ini akan ditentukan waktu pembukaan bioskop dengan melihat masing-masing persiapan dari pengusaha.

"Rapat ini nggak dadakan udah seminggu yang lalu kita disiapkan. Kita ini usaha kan bermacam-macam grup, manajemen, itu harus dipersepsikan satu dulu, baru nanti kita beritahu ke eskternal kepada seluruh anggota, baru nanti kita putuskan di rapat jam 13.00 WIB," kata Djonny kepada detikcom, Rabu (26/8/2020).

Selain itu, dalam rapat ini juga akan membahas protokol kesehatan selama bioskop beroperasi di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Kita rapat itu maksudnya itu mempersiapkan dibukanya ini untuk para grup bioskop XXI, CGV dan lain-lain itu kita rumuskan dulu. Kemudian baru kita ekspose tentang eksternalnya kayak apa. Kita nanti ada pendapat ini, pendapat itu, perkembangan gimana kelebihannya, kekurangannya, itu kita satukan karena ini nggak gampang. Itu akan kita rumuskan nanti," ucapnya.

Sebelumnya Anies Baswedan mengatakan sedang menyusun regulasi terkait teknis dan aturan dalam berkegiatan di bioskop.

"Pertama kita akan menyiapkan regulasi secara lengkap, dan regulasi itu memasukkan semua unsur yang tadi disampaikan Prof Wiku. Pertama soal kualifikasi siapa saja yang bisa ikut menonton di biskop, kedua soal pemesanan tiket yang semua harus dilakukan secara online, dan tidak ada pembelian tiket di lokasi," kata Anies dalam tayangan yang disiarkan langsung di YouTube BNPB, Rabu (26/8/2020).

"Kemudian juga tentang masker, filtrasi udara, lalu pembersihan secara teratur, kemudian juga pengaturan tempat duduk di dalam bioskop, dan kewajiban untuk mentaati prinsip 3 M untuk para karyawan dan proses menuju dan keluar dari lokasi," lanjut Anies.



Simak Video "Siasat Produsen Film Indonesia Kembali Menyambung Napas di Bioskop"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)