Perusahaan Jepang Ini Jual Pabrik Rp 5 T Buat Bayar Utang ke Apple

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Jumat, 28 Agu 2020 10:54 WIB
Raksasa teknologi Apple mencatatkan rekor baru. Perusahaan asal Cupertino, AS, itu kini memiliki valuasi sebesar US$ 2 triliun atau sekitar Rp 29.400 triliun (kurs Rp 14.700).
Foto: Getty Images
Jakarta -

Perusahaan pemasok layar smartphone, Japan Display menjual pabriknya di Jepang kepada Sharp Corp. Langkah ini dilakukan untuk membayar utang kepada Apple Inc untuk pembangunan pabrik.

Dilansir dari Reuters, Jumat (28/8/2020), Japan Display menjual pabriknya dengan harga US$ 390 juta atau berkisar Rp 5,65 triliun (dalam kurs Rp 14.500).

Japan Display sendiri berutang kepada Apple sebesar US$ 702,5 juta atau berkisar Rp 10,18 triliun untuk biaya pembangunan pabrik lima tahun yang lalu.

Dalam kesepakatannya, US$ 675 juta yang diperoleh dari penjualan produksi pabrik akan digunakan untuk pembayaran kembali.

Japan Display juga akan menjual peralatan pada pabrik liquid crystal display (LCD) kepada pihak yang disebut 'pelanggan luar negeri' seharga US$ 285 juta atau sekitar Rp 4,13 triliun.

Salah satu sumber yang tak mau disebut namanya mengatakan, pelanggan luar negeri yang dimaksud adalah Apple.

Di sisi lain, Sharp, yang selama ini memasok sensor, modul kamera, dan layar LCD untuk iPhone Apple, membeli pabrik Japan Display atas permintaan Apple. Mereka berencana untuk mengkonsolidasikan produksi panel iPhone di sana.

Mereka juga akan menggunakan jalur panel ponsel pintar yang dikosongkan di pabrik LCD yang ada untuk meningkatkan produksi panel untuk mobil dan peralatan medis.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)