Gubernur BI Minta Pejabat Pakai Produk UMKM, Ini Alasannya

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 28 Agu 2020 12:54 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wrjiyo
Foto: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wrjiyo (istimewa/BI)
Jakarta -

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo punya 3 jurus utama untuk memajukan UMKM di Indonesia. Tujuannya agar kemudian UMKM ini bisa menjadi kekuatan baru bagi perekonomian nasional.

"Ada 3 kuncinya yaitu bagaimana kita mendorong kreativitas, digitalisasi dan sinergi. Tiga kunci itulah untuk memajukan UMKM, mendorong UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital," ujar Perry dalam acara softlaunching Karya Kreatif Indonesia 2020, Jumat (28/8/2020).

Jurus pertama soal kreativitas maksudnya adalah dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM itu sendiri. Maksudnya, produk UMKM dapat meningkatkan nilai tambah produknya dengan mengembangkan kreativitas tidak hanya dari segi produknya saja melainkan juga dari marketing dan faktor eksternal lainnya.

Misal, kata Perry, sebuah produk baju batik karya UMKM lokal bisa memiliki nilai tambah yang tinggi saat para pejabat di negara ini ramai-ramai memakainya. Harga jualnya otomatis akan meningkat di pasaran.

"Kalau pak Menteri Pariwisata yang pakai, Gubernur BI yang pakai, Menteri Koperasi yang pakai nilainya akan berkali lipat. Itulah kuncinya, creativity outcome-nya adalah value added. Value added itu yang menjadi kunci untuk meningkatkan produktifitas UMKM, nilai tambah, harga jual dan ujungnya kesejahteraan dan sumber pertumbuhan baru," terangnya.

Jurus kedua adalah digitalisasi. UMKM didorong untuk Go Digital dan sistem pembayarannya ikut terintegrasi melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.

"Kami sudah luncurkan QRIS (QR Code Indonesian Standard). Alhamdulillah sudah 4,3 juta merchant tersambungkan dengan QRIS, kita sudah dorong mereka itu ke platform digital sehingga merchant-merchant yang Insyaallah juga akan mempermudah digitalisasi. Kami juga lakukan pembinaan pada UMKM untuk Go Digital. Bagaimana mereka memasarkan secara digital," tambahnya.

Jurus ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM.

"Dengan ketiga kunci itu, BI senantiasa mendukung Pemerintah menjadikan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]