Genjot Ekonomi, Menteri-menteri Jokowi Ajak Beli Jualan Teman

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 29 Agu 2020 08:50 WIB
PT Telkom Indonesia Tbk secara resmi membuka pameran Telkom Craft Indonesia 2018 dengan menghadirkan 400 pelaku UMKM binaan BUMN di seluruh Indonesia.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju mendukung kampanye beli jualan teman untuk menggenjot perekonomian. Gerakan beli jualan teman ini dinilai bisa memutar keuangan di dalam negeri, dan pada akhirnya berkontribusi pada perekonomian nasional.

Hal itu pertama dilontarkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Kita melihat bahwa program beli jualan teman ini sedikit-banyak akan bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian, khususnya perekonomian lokal yang tentu nanti pada gilirannya akan bisa membantu, atau memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional secara umum. Jadi beli jualan teman," kata Agus Gumiwang ketika ditemui detikcom usai menghadiri rapat kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Sementara itu, menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, gerakan beli jualan teman sama saja dengan mendukung produk dalam negeri.

"Jadi saling menginformasikan antar-teman bahwa kita ini harus membeli produk-produk dalam negeri," tutur Agus yang juga ditemui detikcom di gedung DPR RI.

Agus juga menuturkan, para pelaku usahanya sendiri harus aktif menginformasikan usaha atau jualannya kepada teman-temannya. Hal ini dinilai bisa membantu penjualannya sendiri.

"Jadi memang kalau teman-teman itu punya usaha, disampaikan ke teman lainnya sehingga mereka yang punya produk bisa dijual antar-teman," terang Agus.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pelaku UMKM Klaten Geruduk Rumdin Bupati Terkait Subsidi Rp 2,4 Juta"
[Gambas:Video 20detik]