Sandiaga Punya Toko Online yang Jual Sembako Murah, Mau Belanja?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2020 18:15 WIB
Tim blak-blakan detikcom berkesempatan melakukan wawancara dengan Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Salahudin Uno, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Grandyos Zafna/detikcom
Sandiaga Uno/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pengusaha Sandiaga Uno meluncurkan platform online yang menawarkan kebutuhan pokok rumah tangga dengan nama sembako untuk dapur (Sembapur). Di situ terdapat kebutuhan mulai dari beras, minyak goreng, gula, mi instan, dan tepung terigu yang dapat dibeli secara online.

Sandiaga mengatakan adanya platform tersebut untuk menghadirkan kebutuhan pokok dengan harga stabil dan terjangkau, sehingga dapat menekan beban biaya hidup masyarakat yang terdampak pandemi.

"Beban biaya hidup masyarakat agar tidak terlalu berat di tengah pandemi melalui kehadiran bahan-bahan pokok dan bahan kebutuhan dapur yang stabil dan terjangkau," kata Sandiaga selaku Founder Sembapur dalam penandatanganan perjanjian kerja sama Sembapur dengan Food Station, Selasa (1/9/2020).

Untuk memesannya, masyarakat bisa akses platformnya di www.sembapur.com. Saat ini platform itu baru menjangkau Jabodetabek. Ke depan, kata Sandiaga, dikembangkan di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, dan mulai 2021 akan bergerak di Makassar, Sulawesi Selatan dan Medan, Sumatera Utara.

Selain menyediakan bahan pokok yang murah untuk masyarakat, adanya Sembapur untuk membantu pelaku UMKM mendapat sumber barang dengan pasokan yang terjamin dan harga terbaik, serta pasar yang tidak terbatas. Adanya platform ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

"Harapan kami agar di tengah pandemi COVID-19 ini kerja sama dapat bermanfaat buat masyarakat dan juga memberdayakan UMKM, membuka lapangan kerja. Kami sudah mulai trial dengan beberapa UMKM, toko kelontong yang menjadi mitra dan alhamdulillah prosesnya sudah berjalan selama 1 bulan terakhir," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi selaku pemasok gula menjelaskan harga yang ditawarkan bisa selisih 10% lebih murah. Sedangkan untuk bahan pokok lainnya dipastikan tidak lebih dari harga eceran tertinggi (HET).

"Jadi kalau kita lihat harusnya online ini sekarang bisa jadi pilihan karena biasanya hanya selisih sekitar 10% dari harga pembelian. Kalau barang-barang pokok itu sudah ada harga acuannya, sudah ada harga eceran tertinggi jadi kita semua akan berusaha supaya angkanya semua ikut dengan harga acuan dan harga eceran tertiggi dari pemerintah," katanya.



Simak Video "Dalton Tanonaka Ditangkap, Sandiaga: Saya Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)