Wakanda Dunia Nyata bakal Dibangun Senilai Rp 88 T

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 04 Sep 2020 21:30 WIB
Teknologi black panther
Foto: Marvel
Jakarta -

Rapper Akon akan membangun kota futuristik senilai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 88,38 triliun (kurs Rp 14.731) di Senegal. Kota itu akan ia bangun dengan meniru model Wakanda di film dan komik Black Panther. Kota itu tepatnya berlokasi di desa Mbodiene, sekitar 60 mil selatan ibu kota Dakar.

Rencana membangun kota futuristik itu sudah dilontarkan Akon sejak 2018. Namun, ia baru resmi membeli pada Januari 2020.

Pelantun lagu Smack That itu mengatakan, Wakanda ala Senegal itu akan dibangun dengan listrik bertenaga surya. Kota itu juga akan dilengkapi oleh hotel, universitas, rumah sakit, pusat bisnis, pusat rekreasi termasuk kasino, dan studio film. Semuanya akan dibangun dengan desain futuristik oleh arsitek Hussein Bakri.

Kota futuristik tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 55 hektare (ha) untuk fase pertama, namun akan dikembangkan hingga 500 ha dengan rencana pembangunan pulau buatan dan marina yang dapat menampung kapal pesiar. Kota ini diperkirakan menampung 300.000 penduduk.

Alasan utama ia membangun kota yang terinspirasi dari Wakanda adalah untuk mengenalkan pada rakyat Afrika yang juga berketurunan Amerika Serikat (AS) pada adat asli Afrika.

"Jadi saya ingin membangun kota atau proyek seperti ini yang akan memberi mereka motivasi untuk mengetahui bahwa ada rumah di tanah air mereka,'' kata Akon seperti dilansir Dailymail, Jumat (4/9/2020).

"Saat Anda datang dari Amerika, atau Eropa, atau dari mana pun, dan Anda merasa ingin mengunjungi Afrika, kami ingin Senegal menjadi perhentian pertama Anda," sambung dia.

Sebelumnya, Akon sudah mengatakan kota miliknya ini akan menggunakan mata uang crypto sendiri yang dinamakan AKoin.

Hingga saat ini, Akon masih merahasiakan nama investor utama dari mega proyeknya ini.

"Kami masih berbicara dengan mitra dan investor," imbuhnya.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking kota tersebut sudah dilakukan. Untuk proses konstruksinya akan mulai awal 2021, dengan target penyelesaian untuk tahap awal di tahun 2023.



Simak Video "Bayang-bayang Sekuel 'Black Panther' Tanpa Chadwick Boseman"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)