Saat Rumah Kebakaran, 5 Jenis Surat Berharga Ini Perlu Diselamatkan

Abu Ubaidillah - detikFinance
Jumat, 04 Sep 2020 19:42 WIB
kebakaran
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kebakaran yang terjadi di Kejaksaan Agung beberapa waktu menjadi viral karena terjadi tanpa diduga-duga dan tentunya api yang melahap gedung menimbulkan kerugian yang tak sedikit.

Kebakaran adalah sebuah kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja, termasuk pada rumah Anda dan bisa menyebabkan berbagai aset pribadi ludes terbakar, tak terkecuali surat-surat berharga.

Ketika kebakaran terjadi, saat api baru mulai berkobar, langkah penting yang harus Anda lakukan adalah menyelamatkan dokumen dan surat berharga. Adapun beberapa jenis surat berharga yang harus dijaga baik-baik menurut Jill Pollack seperti dilansir dari She Knows adalah sebagai berikut.

1. Surat Pemerintahan dan Surat Resmi

Di dalamnya termasuk akta kelahiran, paspor, surat nikah, surat wasiat, KTP, hingga SIM. Simpan baik-baik dokumen ini. Sebab bila ludes terbakar, akan sulit mengurusnya kembali dan memakan waktu yang tak sebentar.

2. Surat Kepemilikan Barang

Bagi yang punya barang berharga seperti rumah, kendaraan, atau emas, pastikan surat-surat kepemilikannya selalu aman. Tanpa surat tersebut, bukti-bukti bahwa barang tersebut adalah milik Anda tidak akan ada lagi.

3. Catatan Investasi dan Dana Pensiun

Catatan investasi juga harus dijaga baik-baik selama Anda masih memiliki investasi tersebut. Demikian pula dengan catatan dana pensiun yang juga harus dijaga selama Anda hidup sampai nantinya ahli waris menerima.

4. Bukti Pajak

Bukti pajak setidaknya harus disimpan selama 7 tahun setelah Anda membayarnya bersama dokumen pendukung lainnya. Mengapa? Sebab lembaga pajak mungkin saja melakukan pemeriksaan jika diperlukan dan bila Anda masih memegang buktinya, tentu dapat meminimalisir masalah.

5. Struk Belanja, Polis Asuransi, dan Kartu Garansi

Untuk kenyamanan, simpan struk belanja bersama garansi dari barang yang dibeli agar Anda bisa memperbaikinya ketika barang tersebut rusak.

Ketika kebakaran terjadi, pastikan Anda tak lupa menyelamatkan surat-surat berharga ini. Dengan begitu, ketika ada hal yang membutuhkan surat-surat berharga tersebut, Anda tak perlu kerepotan membuatnya kembali.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan perlindungan ekstra terhadap risiko kebakaran melalui asuransi kebakaran seperti Asuransi dari Mega Insurance.

Berbagai manfaat yang dimiliki Asuransi Kebakaran dari Mega Insurance, antara lain jaminan terhadap kerusakan material pada properti yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, hingga asap.

Memiliki Asuransi Kebakaran dari Mega Insurance dapat meminimalisir kerugian akibat kehilangan aset berupa dokumen dan surat berharga yang disebabkan oleh kebakaran.



Simak Video "Diduga Korsleting Listrik, Toko Ban dan Velg di Cianjur Hangus Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mul)