Ada Lowongan CPNS Tahun Depan, Nasib Honorer Bagaimana?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 06 Sep 2020 16:29 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bagi yang berminat menjadi abdi negara mungkin bisa bersiap-siap dari sekarang. Sebab, pemerintah berencana membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun depan.

Lalu, bagaimana dengan tenaga honorer?

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN RB Andi Rahadian mengatakan, hingga saat ini tidak ada rencana pengangkatan tenaga honorer secara langsung menjadi CPNS.

"Jadi sejauh ini tidak ada pengangkatan tenaga honorer langsung menjadi CPNS atau PPPK," katanya kepada detikcom, Minggu (6/9/2020).

Dia menjelaskan, berdasarkan undang-undang yang berlaku pengangkatan CPNS harus mengikuti seleksi. Seleksi tersebut dari seleksi adminitrasi hingga seleksi kompetensi bidang (SKB).

"Sesuai dengan UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ada persyaratan-persyaratan untuk menjadi CPNS dan harus mengikuti seleksi (tahapan seleksi administrasi, SKD dan SKB)," jelasnya.

Seleksi juga diterapkan untuk abdi negara dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

"Demikian pula dengan PPPK, ada persyaratan yang harus dipenuhi dan harus mengikuti seleksi (seleksi administrasi dan seleksi kompetensi)," terangnya.



Simak Video "Siap-siap! CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)