Single BTS 'Dynamite' Bikin Korsel Cuan Rp 21 T

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 16:51 WIB
BTS
Foto: BTS (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta -

Boyband asal Korea Selatan (Korsel) BTS kembali mencatatkan sejarah yakni dengan masuk ke jajaran peringkat pertama Billboard Hot 100. Dengan masuknya single 'Dynamite' dalam urutan pertama Billboard Hot 100, membuat BTS jadi grup Korea Selatan pertama yang berada di puncak pemeringkat musik tersebut.

Prestasi ini diyakini membawa dampak positif bagi perekonomian Korsel secara menyeluruh. Diperkirakan capaian BTS lewat lagu Dynamite itu memberikan efek pada ekonomi hingga 1,7 triliun won atau sekitar US$ 1,43 miliar setara Rp 21,05 triliun (kurs Rp 14.721/US$).

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata dan afiliasinya Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea Selatan, angka itu didapat dari sektor produksi senilai 1,23 triliun won dan nilai tambah sekitar 480 miliar won. Pemerintah Korsel juga yakin, sekitar 8.000 pekerjaan bisa diciptakan karena lagu BTS masuk dan merajai tangga lagu Billboard Hot 100.

Nilai itu diukur dengan pendapatan gabungan dari Big Hit Entertainment selaku agensi BTS, bea cukai, statistik bank sentral serta data Google Trend. Laporan tersebut memperkirakan Big Hit memperoleh sekitar 245,7 miliar won dari penjualan Dynamite secara global.

Ekspor barang konsumsi juga diyakini akan meningkat 371,7 miliar won dengan rincian 276,3 miliar dari penjualan kosmetik luar negeri dan 74,1 miliar won dari makanan berkat debut Dynamite.

Pemerintah mengungkapkan data tersebut di luar dari peningkatan industri pariwisata lokal, serta minimnya pengunjung asing ke Korsel akibat pandemi COVID-19.

"Efek ekonomi yang dihasilkan BTS kemungkinan berkembang lebih lanjut dalam peningkatan citra dan nilai mereka bagi Korea Selatan di masa mendatang," kata Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Senin (7/9/2020).

Pada awal September 2020, BTS mencetak sejarah sebagai artis K-Pop pertama yang berhasil merajai tangga lagu Billboard. Lewat Dynamite, single pertama full berbahasa Inggris, BTS mengalahkan Cardi B (WAP), Drake (Laugh Now Cry Later), The Weeknd (Blinding Lights), hingga Harry Styles.

Berkat prestasi itu, Presiden Moon Jae-in memberikan selamat kepada BTS dan menyebut hal itu prestasi luar biasa. Mantan Perdana Menteri Lee Nak-yeon juga memberikan selamat kepada RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.



Simak Video "BTS akan Bawakan 'Dynamite' di MTV VMA 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)