Rizal Ramli Sebut Negara Produsen Beras Mulai Rem Ekspor, Stok RI Aman?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 18:25 WIB
Rizal Ramli mendatangi Mahkamah Konstitusi hari ini, Jumat (4/9/2020). Kedatangannya untuk mengajukan uji materi terkait syarat presidential threshold.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ekonom Senior Rizal Ramli mengingatkan pemerintah mengenai kondisi pangan nasional. Sebab negara-negara produsen beras mulai mengerem ekspor imbas pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

Di tengah kebijakan negara-negara penghasil beras membatasi ekspor, Indonesia tentunya harus mandiri memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Penting diingat negara-negara eksportir pangan terutama beras itu mulai hati-hati, Thailand, Vietnam melakukan kebijakan untuk mengurangi ekspor beras supaya dia bisa kasih makan rakyatnya yang pengangguran," kata dia dalam webinar, Senin (7/9/2020).

Mantan Menko Kemaritiman itu melihat negara-negara produsen mulai membatasi ekspor karena mereka mengantisipasi krisis pandemi COVID-19 masih akan berlangsung cukup lama.

Mereka mengantisipasi agar negaranya tidak kekurangan beras. Sebab, jika negara kekurangan alias krisis pangan akan menyebabkan dampak buruk bagi negara tersebut, mulai dari keributan hingga masalah stabilitas.

"Yang paling penting supaya ada stok pangan supaya tidak terjadi keributan dan stabilitas. Itulah negara-negara yang biasa eskpor pangan, rem ekspor pangannya, yang penting rakyatnya sendiri dikasih makan," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Rizal Ramli Gugat Ambang Batas Dukungan Calon Presiden"
[Gambas:Video 20detik]