Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan hingga Prakerja Lanjut Tahun Depan

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 08 Sep 2020 08:01 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pandemi virus Corona yang tak kunjung usai membuat kepastian pemulihan ekonomi juga semakin buram. Pemerintah pun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan sejumlah program bantuan dan subsidi untuk masyarakat di tahun depan.

Tujuannya untuk tetap menjaga daya beli masyarakat di tengah masa pandemi COVID-19 yang belum jelas kapan berakhirnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan ada beberapa program prioritas yang dipastikan akan berlanjut di tahun depan. Pertama banpres untuk modal UMKM.

"Program lanjutan yang dijadikan prioritas untuk bansos itu, satu bansos tunai yang terkait dengan banpres presiden untuk UMKM. Itu akan dilanjutkan," ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (7/9/2020).

Kedua, lanjut Airlangga, bantuan untuk subsidi gaji juga akan dilanjutkan. Bantuan ini berupa uang tunai Rp 600 ribu per bulan untuk karyawan swasta yang aktif menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ketiga, pemerintah juga akan melanjutkan program bantuan Kartu Pra Kerja. Selain itu bansos tunai untuk PKH dan bantuan sembako juga rencananya akan tetap disalurkan.

"Dengan demikian program-program ini diharapkan untuk masih menjaga daya beli masyarakat di dalam situasi pandemik COVID-19 dan Kementerian Kesehatan juga akan menyiapkan untuk operasionalisasi daripada vaksinasinya yang diperkirakan bisa dimulai di awal tahun dengan masuknya 30 juta vaksin diharapkan di akhir tahun ini," tutupnya.

(das/ara)