BI Berencana Tanam 1 Juta Bibit Kopi di Banjarnegara

Uje Hartono - detikFinance
Selasa, 08 Sep 2020 19:13 WIB
logo bank indonesia
Foto: Uje Hartono/detikcom: 110 ribu bibit kopi arabika di Desa Kasmaran, Banjarnegara
Banjarnegara -

Bank Indonesia (BI) Purwokerto menargetkan untuk menanam 1 juta bibit kopi di Banjarnegara. Selain untuk meningkatkan ekonomi petani, juga sebagai konservasi karena sebagian besar wilayah di Banjarnegara rawan longsor.

Kepala Perwakilan BI Purwokerto Samsun Hadi mengatakan, potensi kopi di Banjarnegara sudah banyak dikenal. Sehingga, selain untuk mengurangi risiko tanah longsor juga mendorong tumbuhnya ekonomi petani.

"Kami ada program satu juta menanam bibit kopi di Banjarnegara. Ini tahun kedua, dan tahun depan akan dilanjutkan lagi karena potensi kopi di Banjarnegara ini sangat besar," ujarnya saat penyerahan 120 ribu bibit kopi di Desa Kasmaran Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Selasa (8/9/2020).

Selain menyiapkan bibit kopi, pihaknya juga tengah melakukan pendataan soal lahan di Banjarnegara yang cocok untuk ditanami kopi. Untuk Banjarnegara wilayah atas disiapkan bibit kopi jenis arabika. Sedangkan di bawah kopi jenis robusta.

"Untuk hari ini diserahkan 110 ribu batang untuk 40 kelompok tani. Untuk selanjutnya, kami masih melakukan mapping daerah mana aja di Banjarnegara yang cocok untuk ditanami kopi," kata dia.

Kepala Desa Kasmaran Endro mengaku dampak dari tanaman kopi sudah mulai dirasakan petani di daerahnya. Salah satunya saat harga sayuran tengah jatuh.

"Kalau di sini banyak yang menanam sayuran. Tetapi kadang harganya merosot. Jadi meski masih sedikit yang sudah menanam kopi tetapi sangat membantu. Apalagi jumlah permintaan sudah cukup banyak," kata dia.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)