Anies Kenang Jakob Oetama: Saya Beberapa Kali Berdiskusi di Ruangan Beliau

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 09 Sep 2020 23:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melayat mendiang Jakob Oetama
Foto: Hendra Kusuma/detikcom: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melayat mendiang Jakob Oetama
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Pemprov dan masyarakat DKI Jakarta berbela sungkawa atas kepergian pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama. Anies pun menyampaikan kesannya tentang pria kelahiran 27 September 1931 tersebut.

"Kami atas nama pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan masyarakat Jakarya menyampaikan bela sungkawa dan menyampaikan apresiasi atas karya-karya Pak Jakob yang dirasakan manfaatnya di Jakarta ini," kata Anies usai menyambangi lokasi persemayaman Jakob Oetama, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Anies menceritakan awal pertama kenal dengan Jakob Oetama, perkenalan tersebut terjadi pada saat masih duduk di bangku Universitas Gadjah Mada (UGM). Saat itu, dirinya diundang untuk berdiskusi langsung dengan Jakob Oetama.

"Dan saat itu saya punya kesan sebagai seorang yang punya pemikir yang bisa me-manage kegiatannya sehingga menjadi sebuah grup yang sebesar ini. Itu kesan dan sampai dengan masa tuanya saya beberapa kali berdiskusi di ruangan beliau," kenangnya.

Dia pun mendoakan bisnis Kompas Gramedia terus berkembang.

"Bukan saja karena medianya, tapi juga begitu banyak kesejahteraan yang muncul akibat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pak Jakob dan usaha di Kompas Grup, mudah-mudahan semuanya makin berkembang," tambahnya.

Anies mengatakan, Jakob Oetama merupakan seorang pribadi yang mencintai Indonesia tanpa syarat. Pasalnya, almarhum selalu memikirkan tentang bangsa dan negara yang diwujudkan dalam sebuah karya.

"Nah ini sebuah kehilangan bagi kita karena beliau telah dicukupkan usianya tapi juga sekaligus tanggung jawab bagi generasi penerus untuk meneruskan, mengembangkan apa yang sudah dimulai oleh almarhum Pak Jakob," katanya.



Simak Video "Ucapan Duka dan Doa untuk Jakob Oetama Menggema di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)