Alicia Keys Siapkan Rp 14 T buat Bisnis Orang Kulit Hitam

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 11 Sep 2020 11:06 WIB
NEW YORK, NY - NOVEMBER 12: (EXCLUSIVE COVERAGE)   Alicia Keys Blue Moon: From The Journals Of Mama Mae & LeeLee Book Release at Barnes & Noble Tribeca on November 12, 2014 in New York City.  (Photo by John Lamparski/Getty Images)
Alicia Keys/Foto: John Lamparski/Getty Image
Jakarta -

Alicia Keys merilis program bantuan US$ 1 miliar atau setara Rp 14,8 triliun (kurs Rp 14.800/US$) untuk mendukung bisnis milik orang berkulit hitam.

Penyanyi dengan single No One membeberkan alasan tersebut dan mau tampil di acara Kickoff National Football League (NFL) untuk musim 2020 pada Kamis (10/9), bahwa bos NFL akan berkontribusi pada dana abadi.

"Kami sudah melihat ketidakadilan mencolok yang terjadi di sekitar kami. Sebagai seorang seniman, saya selalu berpikir tentang bagaimana saya dapat menggunakan platform saya untuk meningkatkan kesetaraan ras. Dana ini adalah salah satu jawaban dan tujuan kami untuk memberdayakan orang Amerika berkulit hitam lewat investasi di usaha mereka, pengusaha kulit hitam, institusi, pelaku usah, sekolah, dan bank untuk memberikan solusi berkelanjutan," tutur Alicia dikutip dari Aceshowbiz, Jumat (11/9/2020).

Ia mengatakan ide memberikan dana tersebut muncul saat dia menyaksikan protes Black Lives Matter (BLM) di AS. Dia ingin menemukan cara untuk membantu mereka yang membutuhkan.

"Sasaran awal US$ 1 miliar adalah untuk memastikan komitmen yang substansial, sekalipun itu tidak menutup kesenjangan ekonomi. Langkah selanjutnya adalah menjangkau industri yang berbeda untuk mengundang mereka berinvestasi dalam keadilan rasial dan menciptakan sumbangan multi-miliar dolar di seluruh sektor bisnis," ujarnya.

Keys yakin bahwa langkahnya akan menuai kritik karena mendukung para eksekutif NFL, yang semakin diawasi dalam beberapa tahun terakhir atas cara mereka menangani upaya quarterback Colin Kaepernick yang memprotes kebrutalan polisi dengan berlutut selama lagu kebangsaan di awal permainan.

"Hari ini, saya akan melakukan sesuatu yang tidak pernah terpikir akan saya lakukan lagi. Saya tampil untuk acara Kickoff NFL. Reaksi awal saya menurun karena beberapa keputusan NFL di masa lalu. Namun saya menyadari bahwa saya HARUS menggunakan platform saya, kita semua perlu menggunakan platform kita, setiap ada kesempatan untuk menekan kesetaraan rasial," ungkapnya.



Simak Video "AS Memanas Lagi Gegara Penembakan Pria Kulit Hitam oleh Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)