Round-Up Berita Terpopuler

Bahaya Sepeda Masuk Tol, Aplikasi Driver Ojol Bisa Dimatikan

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 13 Sep 2020 21:05 WIB
Pesepeda masuk tol
Foto: viral

Biaya Bangun Rumah Unik di Gang Cipulir

The Twins, sebuah rumah kecil di dalam gang pemukiman padat Cipulir, Jakarta Selatan berhasil mendapatkan penghargaan kelas dunia. Rumah garapan perusahaan arsitektur Delution ini mendapatkan penghargaan pada gelaran Artichizer Award.

Rumah yang berlokasi pada salah satu gang sempit di Cipulir, Jakarta Selatan ini memenangi kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice. Usut punya usut, meski menarik perhatian masyarakat dunia, pembangunan rumah ini cuma menelan dana Rp 450 juta.

Melansir dari keterangan perusahaan pada website delution.co.id, Minggu (13/9/2020), CEO Delution Muhammad Egha menjelaskan pihaknya menggunakan konsep rumah tumbuh pada saat membangun The Twins. Rumah dibangun bertahap sesuai dana yang sudah ada.

Setidaknya, The Twins sendiri dibangun dalam tiga fase sejak 2018 hingga 2019. Fase I menelan anggaran sebesar Rp 150 juta.

Kemudian, di tahap II yang sudah termasuk pembangunan atap, menghabiskan anggaran sebesar Rp 200 juta. Tahap terakhir Rp 100 juta, jadi kalau ditotal jumlah budget yang digunakan untuk membangun The Twins cuma Rp 450 juta.

Bahaya Sepeda Masuk Tol

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Oemi Vierta Moerdika menjelaskan, larangan kendaraan roda dua melintasi jalan tol dibuat demi keselamatan pengendara roda dua tersebut, juga pengguna jalan tol lainnya.

"Jalan tol sebenarnya berbahaya bila dilewati kendaraan roda dua, sebab spesifikasi rancang bangunnya ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Misalnya soal kecepatan, minimal kendaraan yang melintas di jalan tol antarkota melaju 80 Km/jam, sedangkan untuk jalan tol perkotaan 60 Km/jam. Pengendara sepeda juga akan bermasalah dengan empasan angin dari kendaraan lain sebab jalan tol dibuat tanpa hambatan," tambahnya.

Halaman

(dna/dna)