Besok PSBB Jakarta Diperketat, Penumpang Pesawat Terganggu?

- detikFinance
Minggu, 13 Sep 2020 22:01 WIB
Calon penumpang dengan menerapkan jaga jarak bersiap menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (10/7/2020. Pada masa tatanan normal baru lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mulai meningkat pada bulan ini. Periode 1-5 Juli 2020, rata-rata penerbangan sebanyak 355 penerbangan per hari, naik dibandingkan pada 1-30 Juni 2020 rata-rata 243 penerbangan per hari.
Foto: dok. AP II

2. 75% Penumpang Tetap Mau Naik Pesawat

75% penumpang mengaku tidak akan membatalkan rencana perjalanan dengan pesawat dan tetap akan bepergian. Sementara itu, terdapat juga responden yang akan merencanakan ulang penerbangan sebanyak 19%. Hanya ada 6% yang mau membatalkan penerbangan.

"Mayoritas responden tetap meyakini untuk terbang, baik sesuai jadwal atau merencanakan ulang jadwal penerbangan. Ini memberikan sinyal bahwa memang penerapan PSBB Jakarta tidak berdampak signifikan terhadap pergerakan penumpang pesawat," ujar Awaluddin.


3. 89% Penumpang Puas dengan Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Mayoritas penumpang atau sekitar 89% yakin bahwa Soekarno-Hatta telah menerapkan protokol kesehatan yang mendukung PSBB DKI Jakarta. Penumpang yang menyatakan belum sesuai hanya ada 9% dan 2% di antaranya menyatakan tidak sesuai sama sekali.

"Responden sudah memiliki kepercayaan terhadap protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta sehingga membuat mereka tetap yakin untuk bepergian dengan pesawat ketika di masa PSBB," ujar Awaluddin.


4. 62% Penumpang Mengaku PSBB Berpengaruh pada Rencana Terbangnya

PSBB DKI Jakarta diperkirakan mempengaruhi rencana penerbangan bagi 62% penumpang. Pengaruhnya bisa saja terkait dengan durasi lamanya perjalanan, jumlah orang yang bepergian, ataupun tujuan penerbangan.

Sementara itu ada penumpang yang menyatakan PSBB Jakarta tidak berpengaruh terhadap rencana penerbangan sebanyak 23% dan 15% lainnya mengaku biasa saja.

Halaman


Simak Video "Sepekan PSBB Transisi Jilid II, Begini Suasana Mal di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(Herdi Alif Al Hikam/dna)