Suasana Pasar Tanah Abang di Hari Pertama PSBB Jakarta Diperketat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 14 Sep 2020 15:06 WIB
Suasana di Pasar Tanag Abang
Foto: Suasana di Pasar Tanag Abang (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memperketat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) per hari ini, 14 September 2020. Berbeda pada saat awal pandemi, beberapa pasar masih diizinkan buka.

Salah satunya di kawasan Tanah Abang, hampir semua kios di Pasar Metro Tanah Abang tetap buka. Dari pantauan detikcom, Senin (14/9/2020), kegiatan di Pasar Metro Tanah Abang berjalan dengan normal. Hanya sedikit kios saja yang tutup itu pun jumlahnya bisa dihitung jari dan jarang sekali ditemui.

Meski pedagang nampak siap berjualan, kondisi Pasar Metro Tanah Abang justru terlihat sangat lengang. Memang, ada pembeli yang lalu lalang namun jumlahnya tergolong sedikit.

Suasana di Pasar Tanag AbangSuasana di Pasar Tanag Abang Foto: Suasana di Pasar Tanag Abang (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)

Justru tampak banyak penjaga kios cenderung 'gabut', mereka hanya saling mengobrol dengan penjaga kios sebelahnya, ataupun sesekali memainkan handphonenya.

"Nggak tahu karena PSBB ketat lagi atau emang Corona bikin sepi ya. Kita lihat sih PSBB sekarang fokusnya nggak di pasar ya. Cuma kalau dibilang sepi, ya begini Tanah Abang sekarang," kata seorang pedagang kepada detikcom.

Soal protokol kesehatan sendiri, banyak pedagang yang sudah melengkapi kiosnya dengan hand sanitizer. Bagi masyarakat yang mau berkunjung pun diwajibkan mengenakan masker di pintu masuk, begitu juga dengan pengukuran suhu tubuh oleh petugas keamanan.

Namun, masih banyak pedagang yang abai mengenakan masker, beberapa lainnya masih terlihat memakai masker tapi cuma bergantung di leher. Meski di antaranya sudah ada yang memakai masker secara penuh.

Suasana di Pasar Tanag AbangSuasana di Pasar Tanag Abang Foto: Suasana di Pasar Tanag Abang (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)

Selain di Pasar Metro Tanah Abang, beberapa kios pedagang juga dibuka di sekitar trotoar jalan Jatibaru. Kondisinya juga sama, pedagang telah menjajakan dagangannya tapi pembelinya tidak banyak.

Pedagang di trotoar Jatibaru sendiri mengaku kemungkinan pembeli sepi karena hari ini bukan hari libur.

"Sepi emang dari pagi, karena hari Senin kali ya, kalau PSBB mah nggak tahu ngaruh apa nggak. Asal dibuka mah ada aja yang beli biar sedikit," ujar Minah salah satu pedagang di trotoar Jatibaru.

(dna/dna)