Ketua Satgas PEN Bicara Dampak PSBB Jakarta, Apa Katanya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 18:23 WIB
Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta sangat berdampak pada perekonomian. Namun, dia mengaku gembira karena sentimen PSBB ke pasar keuangan kembali membaik.

"Memang PSBB dampaknya kita lihat ada, tapi yang menggembirakan adalah dalam waktu singkat sentimen pelaku pasar bisa kembali," ungkap Budi, dalam konferensi pers virtual via YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/9/2020).

Seperti diketahui, usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan pengetatan PSBB pekan lalu, pasar saham merespons dengan negatif. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lengser dari level 5.000 pada Kamis lalu.

Namun tak butuh waktu lama, pasar saham kembali membaik. Kini, menurut Budi, IHSG sudah kembali ke level 5.000. Dia yakin pasar saham pun akan terus membaik.

"Kalau saya lihat harga saham kembali di atas 5.000 dalam beberapa hari terakhir, diharapkan ke depannya terus membaik," ujar Budi.

Dalam memulihkan perekonomian, pemerintah menargetkan penyaluran Rp 100 triliun. Target itu akan dikejar hingga akhir bulan ini demi menopang pertumbuhan ekonomi.

"Bila menyentuh angka Rp 100 triliun dalam 3 bulan terakhir, diharapkan pertumbuhan ekonomi bisa dibantu di kuartal III. Ini juga bisa buat masyarakat jadi lebih nyaman untuk hidup di tengah COVID-19," kata Budi.

(ara/ara)