Di Tengah Pandemi, Menhub Ngaku Lebih Sering Baca Berita Digital

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 09:51 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bicara soal kemajuan teknologi. Menurutnya, di tengah pandemi dirinya makin sering menggunakan teknologi.

Ujungnya kini dia sudah meninggalkan cara-cara lama. Dalam mendapatkan informasi dan berita terkini misalnya, dia mengaku lebih memanfaatkan teknologi.

Hal itu diungkapkannya dalam acara bincang santai bersama maskapai dan operator transportasi udara yang diadakan oleh Asosiasi Maskapai Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/Inaca).

"Dulu sebelum COVID-19 saya itu kalau tidak baca koran, Kompas, pas pagi jam 10 itu rasanya nggak sreg. Saya kalau nggak nonton berita Kompas TV, TV One, tonton tentang berita, itu rasanya nggak sreg," ujar Budi Karya dalam webinar bersama Inaca, Kamis malam (17/9/2020).

Kini, menurutnya tidak lagi baca koran pun tak perlu takut ketinggalan informasi. Menurutnya semua hal bisa ditemui di dalam gadget-nya. "Tapi apa yang sekarang terjadi? Kita nggak baca koran oke kok, kita sekarang ini bisa pake gadget dan segala macam," kata Budi.

Dia pun mengajak para maskapai dan operator penerbangan untuk mengkampanyekan perjalanan yang aman dan nyaman dengan moda transportasi udara. Menggunakan teknologi terkini tentunya. Budi Karya menilai cara-cara komunikasi yang ada sudah ketinggalan zaman. "Jelas bahwa cara komunikasi kita ini agak tertinggal," katanya.

Dia mencontohkan dirinya sudah mengkampanyekan perjalan yang aman pada moda pesawat terbang bersama dua YouTuber, yaitu Atta Halilintar dan Deddy Corbuzier.

Dia bercerita, dirinya berbincang dengan santai dengan kedua YouTuber soal sistem high efficiency Particular Air alias HEPA dalam pesawat udara. Menurut Budi Karya, informasi yang dia ungkapkan cepat sampai ke masyarakat, apabila dilihat dari statistik viewers video YouTube.

"Saya santai-santai aja, nggak ngomong formal dengan kedua YouTuber itu, dan saya pikir lumayan itu ada lebih dari 270 ribu yang hit. Yang Deddy Corbuzier tadi baru 2-3 jam, udah 60 ribu," kata Budi Karya.

(fdl/fdl)