Prakerja Gelombang 9 Dibuka, Kuotanya 800.000 Orang

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 10:29 WIB
Bantuan langsung tunai (BLT) akan diberikan kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Seperti apa rinciannya?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menyebut kuota untuk pendaftaran Prakerja gelombang 9 dibuka sebanyak 800.000 orang. Head of Communications PMO, Louisa Tuhatu mengatakan pendaftaran prakerja gelombang 9 dibuka pada Kamis (17/9) pukul 12.00 WIB.

"Gelombang 9 sudah dibuka kemarin jam 12.00 WIB dengan kuota 800.000," kata dia saat dihubungi detikcom, Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Dia bilang, pendaftaran Prakerja gelombang 9 juga berlaku untuk calon pendaftar yang belum diterima di gelombang sebelumnya. Adapun cara untuk ikut bergabung gelombang 9 ini tinggal klik gabung di dashboard masing-masing.

"Betul, langsung klik 'gabung gelombang'," katanya.

Bagi masyarakat yang belum memiliki akun atau belum pernah mendaftar, bisa langsung masuk ke laman www.prakerja.go.id. Di laman tersebut, masyarakat tinggal klik tombol daftar dan mengisi daftar diri serta menyiapkan beberapa persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Kriteria masyarakat yang bisa ikut program Kartu Prakerja gelombang 9 adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Pemerintah mengalokasikan anggaran program Kartu Prakerja sebesar Rp 20 triliun untuk 5,6 juta orang. Dalam pelaksanaannya setiap peserta Kartu Prakerja nantinya akan mendapat insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang, di mana Rp 1 juta sebagai biaya pelatihan, Rp 2.400.000 atau Rp 600.000 per bulan merupakan insentif yang diberikan kepada peserta selama empat bulan. Sedangkan sisanya Rp 150.000 merupakan insentif survei kebekerjaan.

Berikut cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 9:
1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
2. Siapkan nomor KK dan NIK, masukan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun
3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online
4. Klik 'gabung' pada gelombang yang sedang dibuka
5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang melalui SMS/pesan singkat.

(hek/fdl)