PSBB Anies Sempat Bikin Penumpang Bus Turun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 17:10 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi/Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta -

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan imbas penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Pemprov DKI Jakarta sempat membuat bus sempat ditinggal penumpang. Hal itu dilaporkan para operator bus yang ada di Jakarta.

Menurutnya masyarakat sempat kaget dan mengurungkan niatnya naik bus 3 hari pertama penerapan PSBB.

"Saya baru komunikasi dengan operator, saat PSBB dilakukan kemarin Senin, masyarakat kaget, 3 hari turun juga (penumpang bus). Namun, sekarang perlahan naik lagi katanya. Mungkin masyarakat mulai terbiasa dengan PSBB yang diumumkan Pak Anies Baswedan," ujar Budi dalam webinar bersama Balitbang Kemenhub, Jumat (18/9/2020).

"Nah kondisi ini berpengaruh terhadap transportasi sekarang, tentunya pada transportasi di Jakarta," sambung Budi.

Padahal, menurutnya para operator angkutan darat baru saja mengalami pemulihan penumpang usai dihantam habis virus Corona sejak awal tahun. Pemulihan penumpang baru terjadi sekitar Juli.

"Selama dan sesudah PSBB, kita lihat grafik awalnya baik produksi kendaraannya maupun penumpangnya mengalami penurunan drastis. Titik akhirnya bulan Mei, di bawah sekali, nah setelah pelonggaran PSBB ini baru ada kenaikan bertahap sampai sekarang," ujar Budi.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sepekan PSBB Transisi Jilid II, Begini Suasana Mal di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]