Dubes RI untuk AS Temui Trump di Gedung Putih, Bahas Apa Ya?

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 19 Sep 2020 20:00 WIB
Eks Mendag era SBY M Lutfi menyampaikan capaian Presiden Jokowi di forum USINDO
Muhammad Lutfi kini menjabat Dubes RI untuk Amerika Serikat/Foto: dok. TKN KIK
Jakarta -

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi menyambangi Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih pada Kamis (17/9/2020). Dalam pertemuan tersebut Lutfi menyerahkan sebuah surat kredensial atau menyerahkan surat-surat Kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada Trump, sekaligus menyampaikan salam hangat dari Jokowi dan masyarakat Indonesia kepada Trump dan masyarakat AS.

Lutfi juga menyampaikan komitmen Indonesia dalam memperkuat hubungan baik dengan AS.

"Dubes Lutfi juga menggarisbawahi komitmen kuatnya untuk memperkuat hubungan baik antara Indonesia dan AS menuju ke tingkat yang lebih tinggi lagi demi kepentingan bersama bagi masyarakat kedua negara," tulis Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat dalam unggahan akun Instagram @kbriwashdc dikutip detikcom, Sabtu (19/9/2020).

[Gambas:Instagram]



Lutfi juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan AS dalam rangka penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia dan komitmen AS mendukung pembangunan infrastruktur di tanah air.

"Sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS, saya berkomitmen untuk memajukan kerja sama Indonesia-AS dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masa-masa sulit ini. Saya juga siap berkolaborasi dengan mitra kerja dari berbagai kalangan di AS untuk terus memperkuat hubungan ekonomi, maritim, pertahanan dan keamanan, serta people-to-people contact," sambungnya dikutip dari situs resmi Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC.

"Tujuan strategis saya adalah mendorong hubungan bilateral RI-AS ke tingkat yang lebih tinggi, utamanya mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi dua arah yang lebih kuat antara Indonesia dan AS dengan lebih jauh mengeksplorasi potensi yang masih sangat terbuka lebar," ungkapnya.

Untuk diketahui, pertemuan itu dilakukan tepat setelah Lutfi resmi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Senin (14/9/2020) lalu.

Sebelum menjabat sebagai Dubes RI untuk AS, Lutfi pernah memegang berbagai jabatan strategis di pemerintahan, antara lain sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) (2005-2009), Dubes LBBP RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia (2010-2013), dan Menteri Perdagangan (2014). Kini ia menggantikan posisi Mahendra Siregar, yang kini bekerja sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI.



Simak Video "Donald Trump Sebut Regeneron Lebih Penting dari Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)