Dapat SMS Pelunasan Pakai Uang Gaib, Langsung Blok Aja!

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 18:15 WIB
pinjam online
Foto: Pinjam Online (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Penawaran pelunasan utang menggunakan uang gaib masih terjadi melalui SMS. Biasanya isi SMS tersebut memuat kesaksian orang yang telah menggunakan jasa tersebut.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menyebut penawaran tersebut adalah penipuan. Karena itu masyarakat diminta untuk tidak mudah percaya dengan hal-hal gaib.

"Kalau dapat SMS gitu langsung diblokir saja. Yang paling penting adalah jangan cepat percaya terhadap hal-hal gaib," kata Tongam saat dihubungi detikcom, Rabu (23/9/2020).

Dia menyebutkan Satgas secara berlanjut melakukan pemblokiran ke Kementerian Kominfo setiap kegiatan penawaran investasi yang tidak ada izin dan diduga penipuan.

Tongam menyampaikan memang penipuan dengan modus pelunasan utang ini masih tetap marak. Mereka biasanya menyebar SMS dan menunggu ada korban.

Satgas selalu menyampaikan edukasi kepada masyarakat agar waspada dan tidak ikut kegiatan usaha yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu cepat. "Masyarakat akan rugi kalau ikut kegiatan seperti ini," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan ada SMS yang masuk seperti ini "Alhamdulillah sy SUMIATI berhasil mdptkan UANG GAIB dan skrg semua hutang saya sudah lunas,ingin seperti saya lihat videonya di : www.bit.ly/kayahalal.

detikcom coba menelusuri tautan yang tersebut. Ternyata muncul laman blog beralamat kyai-yusuf.blogspot.com. Di satu halaman utama blog tersebut ada tulisan Doa Pesugihan, Ilmu Pesugihan Putih. Ilmu Pesugihan Tanpa Tumbal, Melalui Doa Spiritual Pesugihan Dengan Ilmu Putih, Dijamin Halal.

(fdl/fdl)