Jurus Hotel BUMN Bertahan: Drive Thru Wedding hingga Tempat Isolasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 24 Sep 2020 13:34 WIB
ilustrasi hotel
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Hotel BUMN PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN mengambil sejumlah strategi untuk bisa bangkit dari dampak pandemi virus Corona. Perusahaan kini tak hanya mengandalkan bisnis sewa kamar.

Direktur Utama HIN Iswandi Said menyebut cara yang ditempuh dengan memaksimalkan layanan food and beverages.

"Jadi hotel-hotel kita dipacu untuk bisa menjual produk-produk yang bisa delivery, bisa diantar ke rumah-rumah juga bekerja sama dengan Gojek segala macamnya, didistribusikan ke rumah-rumah sehingga paling tidak dapur masih ngepul," jelasnya dalam webinar Ngopi BUMN, Kamis (24/9/2020).

Perusahaan juga menawarkan layanan drive thru wedding di hotel HIN.

"Pada saat bersamaan meng-create bagaimana tetap melaksanakan wedding tapi wedding-nya drive thru dan itu sudah dilakukan di beberapa hotel di Medan, di Yogyakarta, Bali sudah melakukan drive thru wedding," jelasnya.

Bukan hanya itu, perusahaan juga menawarkan layanan laundry. Perusahaan melakukan jemput antar cucian. Selanjutnya layanan yang ditawarkan adalah tempat isolasi mandiri.

"Dan program isolasi mandiri. Isolasi mandiri ini cukup diminati. Ada beberapa masyarakat dengan perekonomian cukup mereka tidak ingin stay Wisma Atlet atau tempat-tempat yang disediakan pemerintah tapi dia ingin isolasi di hotel," terangnya.

(acd/ara)