4 Hal yang Perlu Diketahui soal Dana Gaib Pelunas Utang

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 24 Sep 2020 20:00 WIB
Pinjam Online
Foto: Pinjam Online (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Tawaran pelunas utang menggunakan uang gaib masih terjadi. Biasanya tawaran ini menggunakan media SMS yang disebar ke nomor-nomor handphone.

Dalam SMS tersebut biasanya penipu berkedok pelunas utang ini memuat testimoni atau kesaksian orang yang disebut sudah berhasil menggunakan uang gaib sebagai pelunas utang.

Tapi apa benar uang gaib itu bisa melunasi utang? Berikut fakta-faktanya:

Ada Syarat Mahar

Syarat dan ketentuan jika masyarakat ingin mengikuti pesugihan ini. Misalnya berusia minimal 20 tahun, memiliki utang yang banyak, membutuhkan modal usaha dan siap menyelesaikan biaya ritual. Proses ritual ini terjadi selama satu hari. Kemudian peserta juga harus menyediakan buku tabungan, setelah dana cair maka akan langsung disetor tunai ke rekening peserta.

Bayar Rp 1 Juta - Rp 7,2 Juta

Ada biaya yang harus dibayar jika ingin ikut program ini. Misalnya tingkat 1 untuk penarikan Rp 100 juta hingga Rp 400 juta, peserta harus membayar mahar Rp 1 juta. Kemudian tingkat 2 dengan penarikan Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar mahar yang harus dibayar adalah Rp 2,75 juta. Kemudian tingkat 3 untuk penarikan Rp 1-3 miliar maharnya Rp 3,45 juta. Selanjutnya untuk tingkat 4 penarikan Rp 3-5 miliar maharnya Rp 4,35 juta.

Fix Penipuan

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing mengungkapkan modus yang digunakan oleh penipu ini adalah mengelabui orang-orang yang ingin cepat kaya. "Mereka memanfaatkan orang orang yang mau cepat kaya tanpa usaha keras," kata Tongam saat dihubungi detikcom.

Langsung Blok

Tongam mengungkapkan modus yang digunakan oleh penipu ini adalah mengelabui orang-orang yang ingin cepat kaya. "Mereka memanfaatkan orang orang yang mau cepat kaya tanpa usaha keras," kata Tongam.

(kil/fdl)